Singkawang – “Meningkatkan Peran Lembaga Kegamaan” itulah salah satu misi KUA Kecamatan Singkawang Timur. Hal tersebut diwujudkan dengan gerakan beberapa elemen keagamaan yang langsung dibina oleh Kepala KUA Singkawang Timur yang dirangkai dalam sebuah gerakan yang di sebut “GEBYAR RAMADHAN” Singkawang Timur. Dalam mewarnai Ramadhan 1442 Hijriyah, ada beberapa rangkaian kegiatan yang dilakukan.

Pertama, Pembekalan Ramadhan yang digelar 4 hari menjelang Ramadhan, tepatnya pada tanggal 09 April 2021 Forum Silaturrahim Majelis Taklim  Singkawang Timur (FORMASI) menggelar pengajian Akbar yang di Rangkai dengan Pembekalan Ramadhan. Kegiatan tersebut bertempat di Masjid Aal-Hidayah Poteng Kelurahan Pajintan.

Kedua, pesantren Kilat yang digelar pada 2 hari ramadhan, tepatnya pada tanggal 14 April 2021 Dewan Pimpinan Cabang Badan Komunikasi pemuda dan Remaja Masjid Indonesia  (DPC-BKPRMI) menggelar pesantren kilat untuk remaja masjid se-Kecamtan Singkawang Timur. Kegiatan tersebut bertempat di Masjid Baitul Huda Kelurahan Nyarumkop.

Ketiga, Bazaar Ramadhan Forum Majelis Taklim Singkawang Timur yang didukung sepenuhnya oleh F-KPAI Singkawang Timur. Bazaar Ramadhan dibuka pada hari ke 2 Ramadhan hingga 24 Ramadhan yang bertempat di 2 lokasi, yaitu di Kelurahan Nyarumkop dan Kelurahan Bagak Sahwa.

Keempat, berbagi 1000 takjil yang di Koordinir oleh Forum Komunikasi Penyuluh Agama Islam (F-KPAI) Singkawang Timur bekerjasama dengan Bazaar FORMASI. kegiatan tersebut dilaksanakan secara bertahap yang didistribusikan sekitar masjid yang ada di Singkawang Timur.

Kelima,  Safari Ramadhan F-KPAI Singkawang Timur. Kegiatan safari ramadhan dilaksanakan di 4 tempat, yaitu Masjid Al-Anshoriyah Parinto Kelurahan Mayasopa pada tanggal 16 April 2021, Masjid Al-Fattah Mencong Kelurahan Nyarumkop pada tanggal 21 April 2021, Masjid Nurul Muallafiyah Kelurahan Sanggau Kulor pada tanggal 26 April 2021, Masjid Darul Muhajirin Kelurahan Bagak Sahwa pada tanggal 29 April 2021.

Keenam, evaluasi dan laporan kegiatan ramadhan sekaligus buka puasa bersama keluarga besar KUA, F-KPAI dan Pengurus FORMASI. Kegiatan yang dilaksanakan di Masjid Al-Muttaqin Tainam Kelurahan Nyarumkop tersebut sebagai rangkaian penutup dari serangkaian kegiatan ramadhan yang dilakukan di Kecamatan Singkawang Timur. Kepala KUA Kecamatan Singkawang Timur, Agus Salim, SE.I berharap agar serangkaian kegiatan yang  telah dilakukan membawa dampak positif terhadap semua pihak dan menjadikan ramadhan sebagai bulan untuk mendulang banyak kebaikan/pahala.(Hns/skw)