SINGKAWANG. Kantor Kementerian Agama Kota Singkawang dalam rangka kegiatan Hari Amal Bakti (HAB) Kemenag ke-69 menggelar kegiatan penghijauan.

Penghijauan ini dilakukan dengan cara menanam puluhan pohon matoa dan cependak yang dipusatkan di MTs Negeri Singkawang pada, (20/12). Turut hadir dalam kegiatan tersebut Kepala Dinas Pertanian dan Kehutanan Kota Singkawan Ir.H.Yusnita Fitriadi serta Ketua Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (IPHI) Kota Singkawang H.Djabong Hamid.

Kepala Kantor Kemenag Kota Singkawang Drs.H. Jawani, dalam sambutannya mengatakan program penghijauan ini dilakukan untuk menyambut HAB Kementerian Agama yang ke 69. Penghijauan yang dilakukan Kemenag Singkawang ini, merupakan wujud nyata dan tanggung jawab keluarga besar Kemenag Singkawang dalam upaya meningkatkan peduli lingkungan.

Lebih jauh, menurut Jawani, penanaman pohon yang dilakukan, jangan hanya dimaknai sebagai kegiatan serimonial, tapi, untuk melestarikan alam yang semakin kritis. Saat ini, kata Jawani, kondisi alam semakin kritis. Hal ini disebabkan karena adanya penebangan pohon, tanpa disertai dengan penghijauan.

Akibatnya, suhu udara meningkat, debit air berkurang, hingga terjadi erosi saat musim hujan. Semua ini, hanya bisa dihindari dengan cara terus menanam pohon. Ini menjadi tantangan bagi keluarga besar Kementerian Agama .

Kita akan terus mengajak seluruh masyarakat agar bersama-sama menanam pohon, guna melindungi masa depan anak-cucu kita, pesan dia. Sementara itu Kepala MTs Negeri Kota Singkawang Abu Shahab, S.Pd yang juga ketua panitia HAB Kemenag Singkawang mengatakan bahwa penghijauan bukan sekadar menanam, tapi lebih pentingnya menjaga tanaman yang sudah ditanam.

Menurut dia, MTs Negeri Singkawang selalu terbuka kepada siapapun, yang hendak melakukan penghijauan. Dikatakan Abu Shahab bahwa kegiatan penghijauan yang dilakukan ini merupakan kerjasama Kantor Kemenag Singkawang dengan Dinas Pertanian dan Kehutanan Kota Singkawang. (Miftah)