SINGKAWANG, Kantor Kementerian Agama Kota Singkawang awal September tahun 2016 mengadakan Gerakan Ibadah Qurban tahun 1437 H/2016 M. Hadir dalam kegiatan ini Kepala Kemanag Kota Singkawang, Ka.Subbag TU, Kasi Bimas Islam, Kasi-kasi /Penyelenggara, Ka. KUA Kecamatan, Pimpinan Ormas dan lembaga keagamaan Islam dan Pokjawas, Pokjaluh dan JFU dilingkungan Kemenag Kota Singkawang.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Singkawang mengatakan bahwa Gerakan Ibadah Qurban sebagai bukti dari ketakwaaan dan kesadaran tauhid. Sedangkan daging hewan kurban itu sendiri adalah untuk dikonsumsi kaum fakir miskin, sahibul kurban, dan umat Islam sekitarnya. Karena itu ketika ibadah kurban membangunkan kesadaran dan nilai tauhid manusia, maka secara langsung hal itu mengandung pesan dari nilai solidaritas dan kemanusiaan.

Selanjutnya, secara internal nilai-nilai kemanusiaan itu adalah untuk membunuh sifat-sifat kebinatangan (hewan) pada diri manusia yang ingin menang sendiri, tamak, rakus, dan zalim. Secara eksternal nilai-nilai kemanusiaan itu akan bermuara pada sikap empati dan solidaritas terhadap nasib saudara-saudara dan sesama umat manusia yang sedang ditimpa kesusahan atau bencana, demikian ungkap H. Jawani dalam sambutannya.

Sementara itu Kasi Bimas Islam, H. Muhlis Ar telah menyebarkan Himbauan Gerakan Ibadah Qurban kepada Ka.KUA Kecamatan, Pimpinan Ormas Islam, Lembaga Keagamaan, masjid-masjid dan surau di seluruh Kota Singkawang. Menurut data sementara telah terkumpul 400-an hewan qurban. Data tahun lalu mencapai 500-an hewan qurban. Kita telah bekerjasama dengan Dinas Pertanian bidang Peternakan untuk memeriksakan kesehatan hewan qurban. Kita meminta masyarakat mulim menjaga kebersihan dan heginisitas qurban.

Mudah-mudahan tahun lebih meningkat dan lebih baik lagi dalam pelayanan dan semangat berqurban. Sudah menjadi tradisi di setiap masjid dan lingkungan masyarakat mereka urunan/arisan qurban selama setahun. Mereka menabung sejumlah harga per-hewan qurban untuk tujuh orang, tahun ini rata-rata harganya berjumlah Rp. 2.500.000,00 per-orang. Semoga Gerakan Ibadah Qurabannya sukses, amiin. *** (ARI/TU, 07/9/16)