Sebelum peringatan Hari Amal Bakti  (HAB) ke-75 Kementerian Agama RI di Kantor Kemenag Kabupaten Sekadau digelar gladi bersih sebagai persiapan sebelum puncak pelaksanaan peringatan. Ketua panitia HAB ke 75 Kemenag Sekadau Yohanes, S.S Kusnadi memantau langsung gladi bersih persiapan para petugas upacara yang berlatih di halaman kantor Kemenag Sekadau, Senin (4/1/2021).

Petugas yang akan mengisi upacara diantaranya Iriyanta, S.Kom menjadi komandan upacara, pembaca panca Prasetya kopri Maradona, S.Pd.I guru MIN Sekadau. Sebagai pembaca kode etik pegawai kementerian agama Chairudin, S.Kom Penyelenggara Haji Kemenag Sekadau dan Pembukaan UUD 1945 oleh Kasi Bimas Islam Kemenag Sekadau Bukhari, S.Sos.I. Bertindak sebagai pembaca doa H.Basri Pohan, S.Ag Kepala KUA Sekadau Hulu serta Jamilah, SE pelaksana Bimas Islam sebagai pembawa acara.

Kepala Kemenag Sekadau H.Tengku Indra Kusuma, S.Pd.I, M.Si yang turut memantau pelaksanaan galdi bersih mengatakan Pelaksanaan peringatan Hari Amal Bakti ke-75 Kemenag tahun  ini mengambil tema Indonesia Rukun. Hari Amal Bakti kemenag diperingati setiap tanggal 3 januari, namun pada pelaksanaan tahun ini dilaksanakan pada 5 januari, hal itu berdasarkan surat edaran Menteri Agama nomor 69 tahun 2020 tentang HAB Kemenag RI tahun 2021.

Sejatinya peringatan HAB ke 75 dilaksanakan setiap tanggal 3 januari, namun namun berdasarkan surat edaran Menteri Agama maka pelaksanaan upacara HAB ke 75 dilaksanakan pada Selasa, 5 Januari 2021. "Karena beberapa pertimbangan, pada hari Minggu tanggal 3, saudara kita yang kristiani akan melaksanakan ibadah di gereja, Karena ASN Kementerian Agama melayani 6 agama yang ada di Indonesia,"kata H.Tengku Indra. (Andre)