SINGKAWANG. Gladi Bersih adalah suatu kegiatan persiapan dan latihan yang menyerupai pelaksanaan kegiatan yang sesungguhnya. Tujuan kegiatan ini adalah untuk memberikan gambaran rangkaian pelaksanaan kegiatan serta untuk memastikan pelaksanaan kegiatan nantinya dapat berjalan dengan sukses dan lancar. Untuk maksud dan tujuan tersebut, Panitia Peringatan Hari Amal Bhakti (HAB) Kementerian Agama Ke-73 Tahun 2019 menggelar kegiatan Gladi Bersih Upacara Peringatan HAB ke-73 yang dilaksanakan di halaman kantor pada Rabu (02/01/2018).

Kegiatan Gladi mencakup segala susunan kegiatan mulai dari Pembawa Acara, Pemimpin Upacara, Penggerek Bendera, dan Paduan Suara. Seluruh petugas melaksanakan kegiatan dengan bersungguh-sungguh sehingga kegiatan gladi tidak memakan waktu yang begitu lama. Setelah semua kegiatan dirasa telah cocok dan pas, gladi bersih pun diakhiri.

Koordinator Upacara Peringatan HAB Ke-73 Kantor Kemenag Kota Singkawang, Irwandi, S.Pd mengungkapkan bahwa gladi dilaksanakan sebanyak dua kali. Ia mengungkapkan bahwa gladi yang kedua ini adalah sebagai penyempurna latihan dari gladi yang pertama. Menurutnya segala sesuatu yang diperlukan untuk kegiatan upacara telah dipersiapkan dan dipraktekkan dengan baik oleh masing-masing petugas. “Segalanya telah sesuai dengan harapan, semoga pelaksanaan pada hari-H (besok) dapat berjalan seperti latihan hari ini dan semoga cuaca juga mendukung (cerah dan tidak hujan) agar pelaksanaan upacara dapat berjalan dengan lancar,” harapnya. (Jk/skw)