Pada Hari Selasa, 11 Februari 2020 telah dilaksanakan  acara pembukaan Kegiatan Piala Pelajar Hebat (P2H)  di MAN 2 Ketapang. Dalam acara tersebut MAN  2 Ketapang menampilkan beberapa tampilan dari sebagian kegiatan ektrakurikuler yang ada,  salah satunya yaitu Ekstra Tari.  Pada kesempatan kali ini, ekstra tari MAN 2 Ketapang menampilkan sebuah tarian yang berjudul “tarian penyambutan tamu” .

Menurut Guru Pembimbing Tarian, Widayatul Akhmar, S.Pd bahwa  sinopsis dari tarian ini yaitu:  “tarian ini menceritakan tentang lima gadis yang sangat senang menari. Pada suatu ketika mereka menarikan sebuah tarian sebagai bentuk penyambutan para tamu yang datang di sebuah acara penting. Kelima gadis ini menarikan tarian ini dengan gerakan yang sangat elok dan indah di pandang tentunya dengan nuansa melayu Kalimantan Barat, tarian ini dipersembahkan untuk para tamu yang datang di acara sebagai bentuk rasa hormat karena telah menghadiri acara penting tersebut.”

Anggota ekstra tari MAN 2 Ketapang khususnya yang menarikan tarian ini merasa sangat bangga telah berpartisipasi dalam agenda P2H  ini karena dengan adanya agenda seperti ini kami lebih bisa mengenal dan lebih mencintai budaya Indonesia salah satunya yaitu tarian daerah melayu Kalimantan Barat. Ujar Kunia.