Melawi, 29 April 2019 langit cukup cerah di kota Nanga Pinoh. Sudah sejak hari Jum'at lalu yaitu tanggal 26 April tim pramuka penggalang dari Gudep 047 Shalahuddin Al Ayyubi dan 048  Siti Khadijah telah berjuang mengikuti lomba Andalan Scout Competition III Tahun 2019 yang diselenggarakan oleh pangkalan SMU Muhammadiyah.

Seperti ASC sebelumnya yang telah rutin setiap tahun dilakukan MTsN 2 Melawi selalu ikut berpartisipasi dan mengirimkan utusan dan selalu membawa pulang piala kemenangan untuk beberapa kategori lomba. Tim MTsN 2 Melawi dibawah asuhan Yusniar, S.Pd dan Sulistyowati, S.Pd telah mempersiapkan diri dari jauh hari. Selama berbulan - bulan mereka telah berlatih dibantu pembimbing dari alumni MTsN 2 Melawi yaitu Adi Darmayanto yang tekun melatih para adik penggalang MTsN 2 Melawi. Mulai dari kegiatan baris berbaris, tali temali, membuat pionering, mendirikan tenda, sampai melukis. Mengingat ASC III ini memperlombakan tidak hanya dari kegiatan kepramukaan namun juga mengembangkan bakat para peserta yaitu melalui seni lukis.

Pada siang hari pelaksanaan cuaca panas sedangkan pada malam hari hujan turun dengan sangat lebat memporak porandakan tenda para peserta lomba. Namun hal itu tidaklah menyurutkan semangat para pramuka.  Satu persatu lomba dimulai dan para juara pun bermunculan. Disini teknik dan mental diadu untuk menjadi pemenang.

Proses tidak pernah mengkhianati hasil , para siswa dengan gigih berjuang sehingga memenangkan 8 buah piala dengan masing - masing kategori lomba. Diantaranya Juara I lomba melukis, Juara I Lomba Formasi Sandi, Juara II Pionering, Juara II Lomba Morse Telegraf, Juara II Batle of Semaphore. Piala - piala merupakan bukti dari kristalisasi keringat para siswa. Kegigihan mereka berlatih hingga sore hari setiap sepulang sekolah terbayar dengan prestasi yang diraih.

Kebanggaan madrasah atas prestasi yang diraih para siswa diapresiasi oleh Kepala MTsN 2 Melawi Wiwik Setiyorini, S. Ag dengan memberikan penghargaan berupa piagam dan reward untuk pembinaan bagi para siswa, pelatih dan pembimbing. Prestasi yang membanggakan ini membuat MTsN 2 Melawi semakin percaya diri karena memiliki kualitas pendidikan dan sumber daya siswa yang kompetitif dan memiliki daya saing, tidak kalah dengan sekolah lain yang ada di Kabupaten Melawi. Terimakasih untuk para siswa atas perjuangan kalian, lanjutkan dan terus dipertahankan dan  ditingkatkan. Terimakasih kepada pelatih dan para pembina. Semoga Allah membalas dedikasi yang telah diberikan dengan kebaikan. Sampai ketemu di ASC IV Tahun 2020. Madrasah hebat, madrasah bermartabat.(Okta)