Para Guru Agama Buddha yang bertugas di Kabupaten Kayong Utara melakukan kunjungan ke Kantor Kemenag Kabupaten Kayong Utara di dampingi oleh Penyuluh Agama Buddha, Meto Sarono, S.Ag pada Rabu (4/11/2020). Tujuan utama kunjungan tersebut adalah untuk silaturahmi dan koordinasi dengan Kemenag dimana bahwa di Kabupaten Kayong Utara sudah ada guru agama Buddha untuk mengajar di sekolah formal dan merupakan yang pertama dan menjadi sejarah baru untuk Kabupaten Kayong Utara, tutur Meto Sarono, S.Ag.

Sebagai informasi bahwa sesuai dengan hasil identifikasi potensi wilayah yang oleh penyuluh agama Buddha terdapat fakta bahwa para siswa agama Buddha di Kayong Utara belum mendapat haknya untuk belajar agama Buddha di sekolah dan di ajarkan oleh guru yang seagama sebagaimana anamat UU Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Selama ini mereka mengikuti pelajaran agama lain karena tidak ada guru agama Buddha. Alasan ini mendorong penyuluh agama Buddha menjalin kerjasama dengan Yayasan Be Good Jakarta dan Majelis Agama Buddha Theravada Indonesia (Maghabudhi) cabang Ketapang untuk memfasilitasi guru agama Buddha untuk mengajar di Kabupaten Kayong Utara. Hasilnya tahun ini ada 4 (empat) orang guru yang bertugas di Kabupaten Kayong Utara dengan penempatan di Kecamatan Sukadana, Simpang Hilir dan Teluk Batang serta mengajar di jenjang SD, SMP dan SMA/SMK. Semua guru di fasilitasi oleh Yayasan Be Good Jakarta dan swadaya umat Buddha Kabupaten Kayong Utara.

H.Ruslan, S.Ag., M.A selaku Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kayong Utara di dampingi oleh Ka Subbag TU H. Kuwatno, S.Pd.I menyambut baik keberadaan guru agama Buddha di Kabupaten Kayong Utara dan memberi apresiasi kepada penyuluh agama Buddha yang telah berjuang untuk mendatangkan guru agama Buddha demi tercapainya pelayanan di Bidang Keagamaan Buddha khususnya terkait pendidikan di Kabupaten Kayong Utara.

Pertemuan berlangsung santai dan penuh kekeluargaan, harapannya kedepan semoga pemerintah dapat memperhatikan para guru agama Buddha di Kabupaten Kayong Utara.