Banyaknya obyek wisata di kota Pontianak menjadi nilai jual dan promosi untuk mengenal lebih dekat kota Pontianak. Hal ini perlu untuk disosialisasikan dan dikenalkan sejak usia pendidikan dasar. Menariknya, obyek wisata yang ada di kota Pontianak ini tidak hanya obyek wisata alam tapi juga ada obyek wisata sejarah seperti Istana Keraton Kadariyah, obyek wisata religi seperti Masjid Raya Mujahidin dan sebagainya. Dengan obyek wisata yang ada maka sangat disayangkan jika obyek ini tidak tereksplore dan kurang dikenal khususnya warga kota Pontianak.

Menggelitik naluri literasi, Sholihin H. Z. yang sehari-harinya sebagai guru MAN 2 Pontianak menuangkan berbagai obyek wisata kota Pontianak ini ke dalam sebuah buku yang diberi judul “Mengenal Obyek Wisata Kota Pontianak”, terbitan Agustus oleh Pustaka One Pontianak. Buku yang diberi sambutan oleh Walikota Pontianak, Kepala Dinas Pendidikan Kota Pontianak dan Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Pontianak ini memuat tempat-tempat obyek wisata yang  ada di sekitar kota Pontianak. Dalam sambutannya, Walikota Pontianak memberikan apresiasi kepada penulis buku dan berharap ini dapat mempromosikan kota Pontianak. “Saya berharap, buku ini dapat mempromosikan kota Pontianak agar diketahui seluruh lapisan masyarakat baik lokal maupun nasional bahkan dikenal lebih luas lagi ke seluruh mancanegara terutama yang terkait dengan obyek-obyek wisatanya”, demikian Walikota Pontianak.

Menurut penulis, buku ini nantinya akan dilaunching pada saat Hari jadi Kota Pontianak ke-249 pada Oktober 2020. “Buku ini bukanlah buku yang pertama dan satu-satunya referensi tentang kota Pontianak, tetapi bahwa buku ini menambah dan memperkaya literatur yang sudah ada”. Demikian pungkas penulis.**