Kamis, 19 November 2020 guru-guru MIN 1 Ketapang dengan wajah yang cerah dan berseri-seri serta penuh semangat, pagi-pagi sekali mereka berkumpul di sekolah untuk bersiap-siap mengikuti kegiatan Assesmen Kompetensi Guru (AKG) tahun 2020 yang digagas oleh Kementerian Agama Republik Indonesia pusat dan dilaksanakan secara online. Untuk di Kabupaten Ketapang kegiatan tersebut dipusatkan di laboratorium Komputer Madrasah Aliyah Negeri 1 Ketapang.

Adapun pelaksanaannya diadakan dengan tiga sesi. Sesi pertama dimulai dari jam 08.00 sampai jam 10.00, sesi kedua dari jam 11.00- 13.00 dan sesi ketiga dari jam 14.00 sampai jam 16.00 WIB. Kegiatan ini diikuti oleh para guru dari semua jenjang yaitu jenjang MI, MTs dan MA, adapun sasaran kegiatan Assesmen Kompetensi Guru kali ini hanya difokuskan untuk guru-guru yang mengajar mata pelajaran umum dan guru kelas sementara untuk guru Agama Islam seperti guru Al-Qur'an-Hadits, Akidah Akhlak, Fiqih, SKI dan guru Bahasa Arab masih menunggu keputusan dari pemerintah pusat.

AdapunĀ tujuan diadakannya kegiatan assesmen kompetensi guru ini, salah satunya adalah untuk mengetahui kemampuan atau kompetensi guru yang ada di madrasah terutama untuk mengetahui kompetensi pedagogik, literasi, numerasi dan sains. Menaggapi kegiatan ini menurut kepala MIN 1 Ketapang Bapak Supriadi, M.Pd.I "Bahwa guru-guru yang mengikuti kegiatan assesmen ini tidak perlu khawatir karena tidak akan berimbas pada gaji dan tunjangan sertifikasi yang telah diterima guru, kegiatan ini hasilnya hanya untuk pemetaan kemampuan guru di Indonesia dan selanjutnya akan dijadikan sebagai salah satu dasar pengambilan kebijakan pemerintah untuk membuat program dalam rangka untuk peningkatan kompetensi guru di Indonesia" ujarnya. (Humas MIN 1 Ketapang).