Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Ketapang pada hari ini tanggal 18 November 2020 menjadi tuan rumah dalam pelaksanaan kegiatan sosialisasi SK Dirjen Nomor 5852 tentang Kelompok Kerja Madrasah. Seluruh kepala Madrasah Tsanawiyah baik negeri maupun swasta dilingkungan Kementerian Agama Kabupaten Ketapang semuanya hadir untuk memperoleh informasi tentang KKM yang terbaru. Kegiatan sosialisasi turut hadir pula Kepala Kantor Kementerian Agama Kab. Ketapang, Kasi Penmad dan Pengawas Madrasah.

Pada sambutannya Kepala Kantor Kementerian Agama Kab. Ketapang H. Ikhwan Pohan menyampaikan rasa terima kasihnya kepada Kasi Penmad dan seluruh Kepala Madrasah yang hadir karena dalam situasi Covid-19 ini tetap berusaha berkarya dengan berbagai usaha untuk meningkatkan mutu dan kualitas madrasah sehingga nantinya bisa menjadi madrasah yang hebat dan juga bermartabat diantaranya adalah kegiatan sosialisasi SK Dirjen tentang kelompok kerja madrasah.Pak Pohan menyampaikan bahwa KKM sebagai wadah khusus kepala madrasah dijadikan sebagai wadah untuk membicarakan hal-hal yang berkaitan dengan kemajuan madrasah. Jika memperhatikan banyaknya tugas kepala madrasah diantaranya melaksanakan tugas manajerial, mengembangkan kewirausahaan dan melakukan supervisikepada guru dan tenaga kependidikan, kemudian melaksanakan tugas pembelajaran atau pembimbingan untuk memenuhi kebutuhan guru madrasah. Disamping itu juga punya tanggungjawab menyusun rencana bagaimana supaya madrasah menjadi maju dan berkembang, sehingga ketika sudah mendapat kepercayaan dari masyarakat tentunya kepala madrasah harus bertanggungjawab agar output madrasah menjadi berkualitas. Untuk itu pak Pohan meminta agar KKM ini menjadi sarana bagi para kepala madrasah untuk membantu melaksanakan tugas-tugas kepala madrasah dengan berbagi pengalaman pada madrasah masing-masing, sehingga dapat diadopsi dan selanjutnya diadaptasikan di madrsah masing-masing.

Selanjutnya pak Pohan mengingatkan kepala madrasah dalam lingkungan madrasahnya harus dapat menjadi lokomotif pembangunan. Pembangunan dalam segala bidang di madrasah dapat berjalan dengan baik tentunya jika kebersamaan dan keharmonisan terwujud di madrasah. Oleh karena itu kepala madrasah diminta untuk melakukan 3 (tiga) kerukunan di madrasah yaitu : Pertama, kerukunan Kepala madrasah dengan guru dan tenaga kependidikan. Kedua, kerukunan internal guru dan tenagakependidikan. Ketiga, kerukunan kepala madrasah, guru dan tenaga kependidikan dengan stakeholder. Jika tiga kerukunan ini bisa diwujudkan menurut beliau, maka pembangunan madrasah baik peningkatan kualitas dan juga kuantitas dapat dengan mudah diwujudkan, tutup beliau.