Kepala Kantor Kementerian Agama Kab. Ketapang H. Ikhwan Pohan, S. Ag, M. Pd melakukan konsultasi dengan Kakanwil Kementerian Agama Prov. Kalimantan Barat H. Ridwansyah, M. Si tentang rencana pelaksanaan ujian dalam rangka mengikuti kegiatan Pelatihan Kepemimpinan Adminstrator (PKA) Angkatan III yang diikuti oleh bapak Ikhwan Pohan sejak tanggal 9 September s.d 12 Desember 2020 secara virtual yang dilaksanakan oleh Pusdiklat Tenaga Administrasi Badan Litbang Dan Diklat Kementerian Agama RI 30/11/2020. Konsultasi dilakukan diruangan Kepala Kanwil kementerian Agama Prov. Kalimantan Barat Jalan Sutan Syahrir No. 12 Pontianak.

Pada kesempatan tersebut pak Pohan sebagai peserta PKA III menyampaikan kegiatan-kegiatan yang dilakukan setiap minggunya kepada Kakanwil sebagai mentor yang berkaitan dengan Aksi Perubahan yang direncanakan yaitu SIPAD (Sistem Informasi Pengelolaan Arsip Digital) Pada Kantor Kementerian Agama Kabupaten Ketapang. Aksi Perubahan dalam pelaksanaannya dibagi kepada tiga tahapan yakni tahapan jangka pendek, jangka menengah dan jangka Panjang. Saat sekarang yang dimulai sejak tanggal 12 Oktober 2020 sampai tanggal 12 Desember 2020 merupakan tahapan awal ataupun jangka pendek pelaksanaan Aksi Perubahan. Namun walaupun demikian, pada tahapan awal ini yang berjalan selama lebih kurang dua bulan telah menghasilkan banyak kegiatan seperti sosialisasi aksi perubahan, menyiapkan aplikasi aksi perubahan (SIPAD) dan tanggal 23 November 2020 telah dilakukan uji coba terbatas.

Kemudian pak Pohan menyampaikan rencananya bahwa dalam kurun waktu pekan ini akan melakukan launching aplikasi SIPAD dan sekaligus mengharapkan kehadiran pak Kakanwil sebagai mentor untuk menghadiri. Adapun tahapan jangka menengah akan dilaksanakan sejak Januari sampai dengan Juni 2021 (enam bulan) dan selanjutnya akan dilanjutkan dengan tahapan jangka panjang untuk seterunya tentunya dengan evaluasi akan dilakukan pengembangan sesuai kebutuhan instansi.

Selanjutnya pak Pohan juga menyampaikan bahwa jadwal Seminar Aksi Perubahan Kinerja Organisasi yang akan dikonfirmasi langsung dengan peserta oleh Coach, Mentor dan Penguji, dan insyaallah akan dilaksanakan pada tanggal 10 Desember 2020 sesuai surat pemberitahuan dari Pusdiklat Kementerian Agama.

Bapak Kakanwil Kementerian Agama Prov. Kalimantan Barat Drs. H. Ridwansyah, M. Si menyambut baik tentang agenda dalam pelaksanaan aksi perubahan tersebut dan menyatakan siap hadir nantinya jika seminar aksi perubahan dilaksanakan. Beliau juga berpesan bahwa aksi perubahan ini harus diimplementasikan sesuai rencana awal, jangan sampai hanya untuk memenuhi tuntutan pelatihan yang diikuti saja, pungkas beliau.