Kepala Kantor Kementerian Agama Kab. Ketapang H. Ikhwan Pohan, S. Ag, M. Pd melakukan koordinasi dengan Kabag TU Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Kalimantan Barat H. Rohadi, M. Si pada 30/11/2020 bertempat diruangan kerja bapak H. Rohadi, M. Si Jalan Sutan Syahrir No. 12 Pontianak. Hadir pula secara bersamaan Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Landak Drs. H. Muhklis, M. Si.

Pada kesempatan tersebut pak Pohan, pak Mukhlis dan Kabag TU banyak membicarakan tentang tugas dan fungsi Kementerian Agama terutama dengan tugas-tugas Kementerian Agama di Kabupaten. Pak Rohadi begitu biasa dipanggil mengharapkan para Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten untuk bersinergi dilapangan dalam menjalankan amanah pemerintahan dengan pemerintahan daerah dan instansi terkait lainnya serta dengan tokoh - tokoh masyarakat serta tokoh agama baik Islam, Katolik, Kristen, Hindu, Budha dan Konghucu. Sebagai Kementerian yang membantu pemerintah dibidang keagamaan beliau berharap supaya dapat maksimal melaksanakan tugas untuk menciptakan suasana kondusip di tengah masyarakat,, untuk itu perlu melakukanberbagai pendekatan yang simpatik dan menyejukkan, ujar beliau.

Berkaitan dengan hal tersebut pak Pohan menyampaikan keinginannya bahwa Kabupaten Ketapang sebagai wilayah yang sangat heterogen baik suku, agama dan ras serta bahasa dan adat istiadat harus tetap terjaga kerukunan dan keharmonisannya. Beliau juga berharap kebersamaan yang sejak lama sudah terpatri di tengah masyarakat ingin lebih ditingkatkan lagi, maka beliau menyampaikan keinginannya untuk mendapatkan program yang ada di Kementerian Agama yaitu Desa Sadar Kerukunan ada di Kabupaten Ketapang, sebagai wahana untuk terus merekatkan dan merawat kerukunan.

Dengan Desa Sadar Kerukunan pak Pohan berharap akan lebih banyak kegiatan-kegiatan yang akan melibatkan masyarakat yang beragam agama, maka dengan demikian akan semakin subur keharmonisan karena terus dipupuk dengan kebersamaan. Adapun Desa yang beliau maksud yang direncakan sebagai proyek desa kerukunan adalah Desa Manjau Kec. Matan Hilir Utara, dan bahkan pak Pohan meminta kepada tim dari Kanwil Kementerian Agama Prov. Kalimantan Barat agar datang ke Desa Manjau untuk meninjau, pinta beliau.