Pontianak_Inmas.  Kepala Bagian Tata Usaha Kanwil Kemenag Kalbar H. Rohadi, S.Ag, M.Si bersama para Kasubbag Kantor Kemenag Kabupaten Kota se-Kalimantan Barat melihat secara langsung pengelolaan dan penertiban Arsip di lingkungan Kanwil Kemenag Kalbar, Rabu (20/11/2019).

Rohadi menuturkan bahwa kunjungan bersama di ruangan Arsip Kanwil Kemenag Kalbar dimaksudkan untuk menjadi contoh bagi seluruh Satuan Kerja di Kabupaten Kota se-Kalimantan Barat dalam penataan dan pengelolaan arsip sesuai dengan standar kearsipan nasional.

Selain itu Rohadi yang juga pernah menjabat sebagai Kepala Kantor Kemenag Melawi menegaskan bahwa sudah selayaknya dokumen dan arsip negara dikelola secara benar sesuai dengan standar kearsipan nasional.

“Pengelolaan arsip secara benar tentu menjadi tanggung jawab kita bersama sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN) yang diberikan amanah oleh pemerintah untuk mengelola anggaran sesuai dengan tugas dan fungsi masing-masing” katanya.

Lebih lanjut Rohadi menegaskan bahwa pengelolaan arsip ini merupakan bagian dari bukti dan informasi yang bernilai sejarah yang harus ditata dengan rapi sehingga setiap arsip yang sudah tertata ini tentu akan memudahkan bagi siapa saja yang membutuhkannya.

Selanjutnya Rohadi merekomendasikan kepada para Kasubbag yang hadir dalam kunjungan tersebut, bahwa untuk penataan dan pengelolaan Arsip di daerah agar sesuai dengan standar kearsipan yang benar maka bisa melibatkan Arsiparis Kanwil Kemenag Kalbar untuk menata Arsip di Daerah.

Pada kesempatan tersebut tidak sedikit para pejabat yang mengabadikan ruangan Arsip Kanwil Kemenag Kalbar dengan Foto Selfi dan foto bersama, sebagai bukti dan referensi atas kunjungannya di Kanwil Kemenag Kalbar. (Ir-One).