Tepat pada pukul 07.00 bel dibunyikan. Seluruh siswa-siswi Kelas XII berkumpul di halaman madrasah untuk mendengarkan pengarahan. Setelah berbaris rapi, kepala madrasah, Drs. H. Fauzan, M.Pd yang juga sebagai Ketua Panitia Penyelenggara UN di madrasah tersebut memberikan arahan singkat berkaitan dengan pelaksanaan UN.

Tetap fokus dalam mengerjakan soal, jangan terpengaruh dengan isu-isu adanya bocoran kunci jawaban himbaunya. Dirinya menambahkan agar mereka teliti dalam mengisi data diri seperti penulisan nama, nomor peserta, dan lain-lain karena menurutnya data tersebut sangat penting untuk diisi dengan benar. Terakhir dirinya menambahkan agar menyerahkan semuanya pada Allah SWT.

Lima belas menit berselang, bel kembali dibunyikan sebanyak tiga kali pertanda semua peserta ujian memasuki ruang ujian. Para pengawas pun yang semuanya berasal dari SMA Negeri 1 Rasau Jaya bersiap-siap lalu membawa perangkat ujian ke ruang ujian masing-masing.

Setelah siswa duduk dengan rapi, pengawas ruang ujian membaca tata tertib peserta ujian dan membagikan lembar jawaban kepada siswa. Siswapun segera mengisi data diri mereka di lembar jawaban komputer. Bel kembali berbunyi sebanyak dua kali pada pukul 7.30 yang menandakan siswa sudah diperbolehkan mengerjakan soal. Adapun mata ujian pertama adalah mata pelajaran Bahasa Indonesia. Siswa diberikan waktu sebanyak 120 menit untuk mengerjakan 50 soal pilihan ganda.

Berdasarkan pantauan panitia belum ada kendala teknis yang ditemui dalam pelaksanaan UN di hari pertama tersebut. Alhamdulillah, ujian hari pertama berjalan lancar. Semua soal dan lembar jawaban tidak ada yang kurang ataupun rusak, siswa dan pengawas pun hadir semua tutur Salman, S.Pd, salah satu anggota panitia. (slm.mankr)