Mempawah. Jum’at, 10/5/19 merupakan hari pertama bagi pendidikan kesetaraan Wustha atau Paket B, menyelenggaran kegiatan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK), setelah beberapa hari yang lalu melaksanakan USBN di tingkat Ula dan Wustha.

Penyelenggaraan UNBK tingkat Wustha tahun pelajaran 2018/2019 ini dilaksanakan di sekolah umum yang telah diakreditasi, yaitu SMAN 1 Mempawah Hilir, SMAN 1 Sungai Pinyuh, SMK Panca Karsa Sungai Pinyuh, dan SMAN 1 Siantan, hal ini ditempatkan karena berdekatan dengan wilayah Pondok Pesantren masing-masing.

Adapun jumlah peserta UNBK Kabupaten Mempawah berjumlah 127 santri, dengan uraian 72 orang santri putra dan 55 orang santri putri, semua peserta UNBK yang ikut UNBK tersebut didampingi oleh pimpinan Pondok Pesantren atau pengelala Pendidikan Kesetaraan.

Mulai hari pertama UNBK tampak berjalan dengan lancar, sehingga tidak mengalami kendala yang berarti, dimana seluruh santri dapat mengisi jawaban yang sebelumnya telah disiapkan oleh proktor dan teknisi, dan diawasi oleh 2 orang guru yang berfungsi sebagai pengawas.

UNBK kali ini juga pelaksanaannya di pantau atau dimonitoring oleh semua yang berkepentingan seperti Dinas Pendidikan ditingkat Provinsi dan Kabupaten, serta Kementerian Agama di tingkat Kanwil Provinsi dan Kabupaten.

Sesuai jadwal yang diunduh oleh panitia dari internet, bahwa UNBK Kesetaraan Wustha atau Paket B dilaksanakan selama tiga hari yaitu tanggal 10 Mei 2019 - 12 Mei 2019, sebanyak 6 mata pelajaran umum seperti Bahasa Indonesia, PKn, Matematika, IPS, Bahasa Inggris dan IPA.

Kepala Seksi Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren Kemenag Mempawah Rudiansah berharap agar pelaksanaan UNBK berjalan dengan sukses dan lancar, dan semua santri dapat belajar dengan maksimal agar nilai yang diperoleh dapat memuaskan bagi semua Santri dan Santriwati. (Rudi_Mpw)