SINGKAWANG- Isak tangis haru mewarnai kepulangan rombongan jemaah haji Kota Singkawag di gedung Arafah, Komplek Masjid Agung Singkawang pada Kamis (29/9). Sanak keluarga, kerabat, dan handai taulan saling berpelukan begitu melihat orang yang mereka tunggu akhirnya terlihat dan turun dari bus.

Jamah haji, tiba di Kota Singkawang sekitar pukul 14.30 setelah menempuh perjalanan dari Bandara Supadio Pontianak, rombongan jemaah haji langsung berangkat menuju Asrama Haji Pontianak, kemudian langsung menuju Kota Singkawang. Sehari sebelumnya jamaah haji Kota Singkawang telah tiba di emberkasi Batam.

Wakil Wali Kota Singkawang Abdul Muthalib menyambut dan memberikan ucapan selamat kepada para jemaah haji yang telah tiba kembali dengan selamat ke tanah air. Selamat datang kepada jamaah haji dan hajah semoga menjadi haji yang mabrur dan mabruroh," ujar Wakil Walikota.

Ia berharap ibadah yang dilakukan para jamaah ketika berkunjung ke rumah Allah SWT tidak terputus dan bisa terus menerus dilakukan ketika tiba di kampung halaman. "Tentunya sebuah kebahagiaan besar bagi para jamaah yang telah mampu menunaikan haji, karena bisa menunaikan rukun islam yang kelima untuk berkunjung ke rumah Allah," katanya.

Ucapan selamat datang juga disampaikan Kepala Kemenag Kota Singkawang Jawani. Menurut Jawani, seluruh jamaah haji Kota Singkawang tahun ini sebanyak 80 orang. "Alhamdulillah, hari ini jamaah haji asal Kota Singkawang telah tiba kembali. Semoga menjadi haji yang mabrur serta menjadi contoh, panutan dan teladan di tengah-tengah masyarakat, " harap Jawani.

Usai bertemu dan bersalaman dengan wakil wali kota, kepala kemenag, pimpinan ormas Islam Kota Singkawang para jemaah haji pun satu per satu lantas diperkenankan untuk langsung pulang ke rumahnya masing-masing. Hanya saja untuk barang bawaan mereka bisa diambilkan oleh pihak keluarga dengan membawa paspor jemaah haji yang bersangkutan di Kantor Kemenag Kota Singkawang. (Miftah).