Melalui proses panjang yang lumayan lama yaitu sejak tanggal 02 Juli sampai dengan tanggal 30 Juli 2021 pendaftaran Penyuluh Agama Katolik Non PNS Kantor Kementerian Agama Kabupaten Melawi akhirnya menghasilkan 32 orang calon Penyuluh Agama Katolik Non PNS.  Pendaftaran dilakukan setelah sebelumnya  selama bulan Juni 2021  sebagai tahap sosialisasi. Sosialisasi dilakukan melalui Website ini, Whatshapp Gereja Katolik di enam Paroki dan melalui pengumuman di Gereja-gereja Katolik yang ada di Melawi. Dari 32 orang calon ini yang memenuhi syarat secara administrasi adalah 31 orang yang satu orang lagi belum menyertakan ijazah S1 nya dalam berkas lamaran.

Dari sisi jumlah calon yang ikut melamar sepertinya kekuarangan peminat. Tetapi sebenarnya bukan kekurangan peminat untuk menjadi Penyuluh Agama Katolik Non PNS. Tetapi karena yang aktif dalam kehidupan menggereja selama ini adalah mayoritas hanya lulusan SLTA, sementara syarat pendidikan minimal untuk menjadi Penyuluh Agama Katolik Non PNS  adalah D3 (Diploma Tiga). Kemudian syarat yang lain adalah masalah kompetensi yang dibuktikan dengan Surat Rekomendasi Pastor Paroki tempat domisili calon Penyuluh. Pastor Paroki hanya memberikan Rekomendasi kepada orang yang betul-betul kompeten dan aktif dalam kehidupan menggereja di parokinya serta berpendidikan minimal D3.

Dalam proses Sosialisasi sudah ada pembagian quota untuk enam paroki di Melawi. Quota Seksi Bimas Katolik Kantor Kemenag Melawi tahun 2022-2024 adalah 30 orang Penyuluh. Tiga Puluh orang ini dibagi ke enam paroki, maka jatah setiap paroki adalah lima orang. Namun karena Paroki Nanga Pinoh Sumber Daya pastoralnya lumayan memadai maka mereka diberi jatah 4 orang penyuluh, Paroki Manggala yang melamar hanya 4 orang, maka kelebihan 1 orang akan diberikan ke paroki yang lain. Oleh karena itu berdasarkan paroki para pelamar adalah sebagai berikut; Paroki Nanga Pinoh ada 4 pelamar, Belimbing 6  pelamar, Manggala ada 4 pelamar, Ella Hilir 5 pelamar, Kota Baru  7 pelamar dan Menukung 6 pelamar. Pengumuman seleksi Administrasi akan dilakukan pada tanggal 02 Agustus 2021; Wawancara untuk pelamar dari Paroki Kota Baru, Manggala dan Menukung akan dilaksanakan pada tanggal 05 Agustus 2021 (mulai pkl. 08.00) dan untuk Paroki Ella Hilir, Nanga Pinoh dan Belimbing akan dilaksanakan pada tanggal 6 Agustus 2021 (mulai pkl. 08.00) di Aula Kantor Kementerian Agama Kabupaten Melawi.