Sambas, Sabtu (02/10/2021) Kepala Kantor Urusan Agama Kec. Sambas Ikuti acara haul 149 Tahun Syaikh Ahmad Khatib Asy-Syambasi di Masjid Babul Jannah Sambas yang dilenggarakan Yayasan Tariqah  Qadariyah Nahsabandiyah  (TQN) Khatibiyah Sambas yang diawali dengan pembacaan ayat suci Al-qur’an oleh Noviandi, S.Pd, M.Pd dilanjutkan dengan pembacaan tahlil dan do’a oleh H. Daeng Abu Bakar dan Hamka Kamil, S.Pd, kemudian laporan Ketua Panitia Haryanto, S.Sos, kata sambutan Ketua Yayasan TQN Drs. Hakimin, kata sambutan Ketua Yayasan Syaikh Ahmad Khatib Sambas cicit beliau H. Nurmauludin, S.Sos. 

Kata sambutan Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Prov. Kalbar Drs. H. Sahrul Yadi, M.Si dari Sambas lahir ulama besar 3 orang berskala internasional sekarang Sambas sedang berbenah (bangun persatuan) gerbang kartiasa, pendidikan hati menuju serambi mekkah jilid 2 ungkapnya, didalam sambutannya Wakil Bupati Sambas Fahrur Rofi, S.I.P., M.H.Sc menyampaikan pemerintah sangat mendukung diadakannya haul ini akan datang kita perbesar dan kita akan undang negara jiran kita seperti Berunai Darusslam, Malaysia dan Singapur yang merupakan rumpun Melayu sejagat dan kita berharap dengan TQN ini menjadikan masyarakat Sambas berakhlaq mulia tuturnya.

Dalam Ceramahnya Al-Habib Abdullah Bin Ridho Bin Yahya, SH menguraikan cerita malaikat akan memasukkan anak muda ke neraka kata Allah tanya amal sampai nama, kemudian Allah perintahkan masukan dia ke surga ketahuilah didalan hatinya tersimpat rasa senang kepada guru, ulama, oleh karena itu jangan remehkan orang jahat, nikmati hidup ini dengan selalu mengingat Allah, orang sufi selalu rendah hati: syariat, hakikat, makrifat,  sukur, sabar, ikhlas itu terpatri padanya, siapa yang kenal dirinya maka dia akan kenal Allah, hidup ini singkat maka manfaatkan hidup mu dengan baik, semua orang berhak menjadi orang baik maka cintailah Allah untuk mendapatkan kebaikan dari Nya dan dijadikannya orang baik, jangan saling menjelekkan jaga kecintaan, ambil kebersamaannya saling menghormati, mari kita kelola hati dengan baik yang merupakan kunci hidup dunia akhirat. (AHD)