SAMBAS Kewajiban Haji dibebankan kepada setiap muslim yang telah mampu untuk menunaikannya, baik mampu secara materi maupun sehat jasmani dan rohani. Tentang kewajiban ini Allah nyatakan dalam firman-Nya dalam surah Ali Imran ayat 97 : ...mengerjakan haji adalah kewajiban manusia terhadap Allah, yaitu (bagi) orang yang sanggup mengadakan perjalanan ke Baitullah... Tahun 2016 ini Kepala Kantor Kemenag Kab. Sambas H. M. Asmar, S.Pd.I menjadi petugas Tim Pembimbing Ibadah Haji Indonesia (TPIHI).

Dalam acara (19/08) di rumah dinas Kantor Kemenag Kab. Sambas yang mengumpulkan seluruh pegawai kantor sebelum berangkat ke Pontianak, H. M. Asmar menyampaikan permohonan maaf serta mohon doanya agar selamat sampai ke tujuan dan sukses dalam menjalakan tugasnya selaku petugas TPIHI. Bantulah pak TU dalam mengelola kantor, demikian pesan Asmar kepada pegawai yang hadir.

Tampak hadir diacara pagi itu Kepala Seksi (Kasi) Mapenda Husban, S.Pd.I, M.Pd, Kasi PAI Nazaruddin, S.Sos.I, Kasi Pontren Zulkarnain, SE, Kasi Bimas Islam Drs. H. Karlan, Kasi PHU H. Hamzah, S.Pd.I dan Penyelenggara Kristen Jipin, S.Th.

H. M. Asmar berpesan kepada setiap seksi untuk menyelesaikan beberapa agenda selama kepergiannya ke tanah suci. Kepada Kepala Seksi Bimas Islam, H. M. Asmar berpesan agar kepengurusan Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Sambas yang telah berakhir agar segera dibentuk kembali. Persoalan ini dikoordinasikan dengan pemerintah daerah Sambas, carilah figur yang siap bekerja, yang dapat mengayomi semua pihak, jelas Asmar kepada Kasi Bimas Islam. Acara ditutup dengan doa yang dipimpin oleh Rabudin, S.Pd.I pelaksana di Seksi PAI.

Setelah sholat sunnah dua rakaat, H. M. Asmar bersalam-salaman dengan semua pegawai Kankemenag Kab. Sambas berpamitan, kemudian menaiki mobil dinas menuju Pontianak. (rdn).