Pada hari Senin, 11 Januari 2021 Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Melawi H. Abdulbar, S.Ag,M.Pd menerima tamu yang tidak biasa. Tamu itu adalah seorang intel BAIS TNI Bapak Lasiman. Bapak Kepala yang ditemani oleh Kepala Seksi Haji dan Bimas Islam H. Muhamad Desi Asiska, S.Sos.I  serta Penyuluh Agama Islam Pak Karno menyambut hangat kedatangan beliau. Mereka bercengkerama dengan ramah dan intinya Pak Lasiman meminta data Ormas Islam.

Pada kesempatan itu Bapak Lasiman menjelaskan, “Data organisasi yang diminta dalam rangka pemetaan organisasi sekaligus dalam rangka memonitor adanya faham-faham yang bertentangan  dengan Syariat Islam dan anti NKRI, “jelasnya kepada Bapak Kepala Kantor.

Berkaitan dengan permintaan tersebut Kepala Kantor menjelaskan, untuk di Melawi selama saya menjadi Kepala Kantor semuanya aman dan kondusif. "Hubungan internal umat beragama, antar umat beragama dan hubungan umat beragama dengan pemerintah sangat kondusif dan terkendali. Peran Kementerian Agama siap membina dan memonitor aliran atau faham-faham agama, jika ada sedikit menyimpang, kami siap melakukan pendekatan dimana kami bisa bekerja sama dengan MUI serta Ormas Islam lainnya. Jika sampai pada titik keributan dan membuat kekacauan itu sudah menjadi ranahnya pihak Keamanan,” jelas Pak Kepala mantap.