Guna mengisi Bulan Ramadan tahun ini, Lembaga Pemberdayaan Perempuan dan Anak (LP2A) Mujahidin Pontianak kembali menggelar Kajian Muhasabah, yang bertajuk Syiar Ramadan 1440 Hijriyah. Adapun tema yang diusung adalah “Dzikir, Fikir dan Amal”. Kajian Muhasabah dilaksanakan selama tiga hari (dimulai tanggal 5 – 7 Ramadan 1440 H/10 – 12 Mei 2019 M). Acara berlangsung di Aula Masjid Raya Mujahidin, Jalan Ahmad Yani Pontianak.

Informasi terkait kegiatan tersebut disampaikan langsung oleh Penyuluh Fungsional Agama Islam Kantor Kemenag Kota Pontianak, Eva Afifah Muyassarah, S.Ag yang ditemui Jumat sore (10/5/2019). Eva Afifah Muyassarah yang diamanahkan panitia sebagai MC sekaligus moderator dalam kegiatan tersebut menuturkan bahwa acara pembukaan Kajian Muhasabah LP2A Mujahidin ini berlangsung pada Jumat pagi, 10 Mei 2019 bertepatan dengan hari kelima puasa Ramadan.

Usai acara pembukaan, dilanjutkan dengan materi pertama oleh Ustadz Dr. H. Harjani Hefni, MA (Dewan Syariah Yayasan Mujahidin Pontianak - Kalbar yang juga adalah dosen IAIN Pontianak). Adapun tema materi yang disampaikannya adalah “Ramadan Bulan Dzikir”. Pada materi ini, H. Harjani mengupas tuntas dan menyampaikan kepada jamaah tentang mengapa harus berdzikir, adab-adab berdzikir, waktu-waktu utama berdzikir, serta renungan dzikir pagi dan petang serta dzikir setelah solat.

Selain diisi oleh Ustadz H. Harjani Hefni, di hari kedua kajian muhasabah akan menghadirkan ustadz H. Mubarak Abdul Rahim yang mengangkat materi dengan tema “Ramadan Bulan ilmu”. Masih di hari yang sama, sesi kedua penyampaian materi dilanjutkan oleh Ustadzah Dr. Cucu Nurjamilah, M.Ag yang mengangkat materi dengan tema “Keluarga dan Menuntut Ilmu, Kiat dan Siasat”.  

Selanjutnya di hari ketiga, kajian muhasabah akan menghadirkan Ustadz Drs. H. Nasution Usman, M.Pd, yang akan memberikan materi dengan tema “Akankah Ini Ramadan Terakhir Kita?”. Kemudian di sesi kedua akan dilanjutkan oleh Ustadz Drs. H. Hamdani Sulma, M.Si, yang akan memberikan materi dengan tema “Kiat Menjemput Husnul Khatimah”.

Lebih lanjut Eva mengatakan, menurut Ketua panitia Kajian Muhasabah Ibu Hj. Hilmiati bahwa kegiatan ini merupakan tahun ketiga dilaksanakan oleh LP2A Mujahidin. Salah satu tujuannya adalah mengajak para Muslimah Kota Pontianak dan sekitarnya untuk melakukan introspeksi diri di bulan suci Ramadan. Selain itu, untuk memberikan pencerahan kepada ibu-ibu majelis taklim yang hadir. Mudah-mudahan bermanfaat untuk meningkatkan wawasan dan pengetahuan agama serta menjadi amaliah di bulan suci Ramadan.*(sumi/ptk)