Ada satu kebiasaan baik di lingkungan Kantor Kemenag Kota Pontianak yang sudah berlangsung sejak lama. Yakni saling mengunjungi pada saat hari raya umat beragama. Seperti Hari Raya Idul Fitri bagi yang beragama Islam, dan Hari Raya Natal bagi yang Kristiani. Baik yang Islam maupun Non Islam berbaur dalam suasana penuh keakraban dan penuh kekeluargaan.

Seperti terlihat baru-baru ini, meskipun hari raya natal sudah berlalu, namun seluruh ASN di lingkungan Kantor Kemenag Kota Pontianak mendapat undangan open house dalam rangka hari raya natal dari Lajim, S.Th, yang juga adalah pengadministrasi Kristen di lingkungan Kantor Kemenag Kota Pontianak. Hampir seluruh ASN secara bergantian menghadiri acara tersebut.

Berangkat dari Kantor Jalan Zainuddin Nomor 4 Pontianak menjelang jam istirahat siang, Kepala Seksi PAI Kantor Kemenag Kota Pontianak, Usman R, S.Pd.I beserta Stafnya, dan Kepala Seksi Pendidikan Madrasah Drs. H. Ahmad Hanafi, M.Si beserta staf dan rombongan lainnya menggunakan mobil menyusuri jalan Kota Pontianak menuju Jalan Trans Kalimantan Gang Budaya Jalur 2 Nomor 10 Ambawang Kuala. Kunjungan tersebut tentu saja menuju ke rumah pengadministrasi Kristen, Lajim S.Th.

Ketika sampai di alamat yang dituju, rombongan langsung disambut hangat oleh Lajim beserta istrinya. Sejumlah hidangan seperti kue, minuman, buah-buahan segar serta nasi kotak sudah dipersiapkan untuk setiap tamu yang datang. Suasana riuh dan tawa mewarnai kunjungan tersebut.

Tampak hadir dalam open house tersebut Kepala Kantor Kemenag Kota Pontianak H. Ekhsan, S.Ag, M.Si beserta istri, dan Penyelenggara Budha Yanto, SE beserta staf. Kunjungan ini merupakan salah satu upaya menjaga kerukunan dan kebersamaan antar umat beragama. Semoga semangat kerukunan tetap terjaga dan terus terpelihara serta mampu menginspirasi setiap orang.

Terkait kunjungan para ASN Kemenag tersebut, Lajim yang ditemui di Kantor Kemenag Kota Pontianak, Jumat (10/1/2020) mengaku senang. Selain itu ia juga mengucapkan terima kasih kepada Kepala Kemenag dan para Kasi/Penyelenggara serta seluruh ASN yang telah datang berkunjung ke rumahnya pada Selasa, 7 Januari 2020 yang lalu.*(sumi/ptk)