SINGKAWANG. Senin (20/2), Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Singkawang berkunjung ke Pondok Pesantren (Ponpes) Makarim El-Akhlaq. Dalam kunjungan tersebut Kankemenag Kota Singkawang Drs. H. Nahruji, M.Si didampingi Kepala Sub Bagian Tata Usaha H. Azhari, S.Ag, M.Si. Kedatangan kakankemenag disambut langsung oleh wakil pimpinan pondok dan kepala Madrasah Aliyah Makarim El-Akhlaq Suyardi, S.Pd.

Kunjungan kali ini dalam rangka silaturahmi dan meninjau keadaan pondok pesantren yang pertama kali sejak Nahruji menjabat sebagai kakankemenag Kota Singkawang. Silaturahmi ini kelihatan agak santai dan penuh kekeluargaan terlihat dengan percakapan dengan wakil pimpinan pondok Makarim sambil berkeliling melihat lokasi pondok yang sesekali diselingi dengan candaan ringan.

Suyardi menerangkan Ponpes Makarim El-Akhlaq memiliki beberapa lembaga pendidikan, diantaranya Madrasah Tsanawiyah (Mts) dan Madrasah Aliyah (MA) Makarim El-Akhlaq. Ia juga menjelaskan bahwa di Ponpes ini juga terdapat Usaha Ekonomi Produktif (UEP) yaitu bidang pertanian dengan budidaya jamur dan perikanan dengan budidaya ikan lele.

Melihat kondisi tersebut, Nahruji menyatakan sangat mendukung program yang dikembangkan Ponpes Makarim dan berharap Ponpes Makarim akan semakin berkembang demi menciptakan generasi yang islami dan generasi yang produktif sehingga tercipta keselarasan dan keseimbangan hidup dunia dan akhirat bagi umat Islam.(jk/hms)