Pontianak_Inmas. Dalam rangka meningkatkan pemanfaatan Bandwidth Virtual Private Network (VPN) sebesar 10 Mbps yang dikelola oleh Subbag Informasi dan Humas Kanwil Kemenag Prov. Kalbar tahun 2019, maka Biro Humas,Data dan Informasi (HDI) memberikan bantuan pemasangan Jaringan Lokal Area Network (LAN) 60 titik.

Pernyataan tersebut dibenarkan oleh Kepala Bagian Teknologi dan Sistem Informasi (TSI) Kemenag Pusat A. Gufran saat melakukan kunjungan kerja ke Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Kalimantan Barat, pada Selasa Siang, (5/3/2019). Kedatangan Kabag TSI ini disambut Oleh Kasubbag Informasi dan Humas H. Erwin, S.Kom, MM diruang kerjanya didampingi oleh pranata komputer, Fajrin, ST.

Dalam pertemuan tersebut A Gufran menjelaskan agar program pemasangan jaringan LAN ini benar-benar ditempatkan dilokasi yang strategis sehingga pemanfaatan Bandwidth Virtual Private Network tambahan ini bisa membatu layanan Online di lingkungan Kanwil kemenag Kalbar.

“Usahakan ruangan yang sering digunakan untuk layanan informasi online seperti PTSP (Pelayanan Terpadu Satu Pintu) dan Aula utama yang digunakan untuk pertemuan skala besar disesuaikan kebutuhannya jaringannya,” jelas Gufran.

Selain itu Ia menegaskan bahwa dengan layanan terpadu satu pintu, Kemenag dapat memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat dengan cepat, tepat dan mudah serta tidak berbelit-belit dengan inovasi-inovasi terbaru, diantaranya dengan layanan online. “Hal ini tentu akan menyederhanakan birokrasi, Efesiensi Anggaran, Efektifitas waktu layanan sehingga akuntabilitas layanan dapat terukur dan meningkatnya Indeks Kepuasan Masyarakat terhadap layanan publik,” imbuhnya.

Lebih lanjut A. Gufran berharap agar pembagian Bandwidth Virtual Private Network ini ada skala prioritas dan hal itu tentu disesuaikan dengan pemanfaatan dan penggunaannya. Sehingga penambahan Bandwidth VPN ini dapat dirasakan oleh ASN di lingkungan Kanwil Kemenag Kalbar. (Ir-One).