Kabid Urais Kanwil Kemenag Prov. Kalbar Membuka Kegiatan Bimbingan Perkawinan Pranikah di Kab. Sintang (25/08)

Bimas Islam Kantor Kementerian Agama Kabupaten Sintang, mengadakan kegiatan Bimbingan Pranikah bagi Calon Pengantin yang di jadwalkan brlangsung selama dua hari tanggal 25 dan 26 Agustus 2020 yang bertempat di Aula Madrasah Aliyah Negeri 1 Sintang, pada hari pertama kegiatan tersebut, dibuka langsung oleh Kabid Urais Kanwil Kemenag Prov. Kalbar H. Ekhsan, S.Ag,. M.Si. turut hadir juga dalam kegiatan itu Kasi Kemasjidan Kanwil Kemenag Provinsi Kalbar Jemaat, M.Si, Kasi Bimas Islam Kemenag Kab. Sintang H. Anang Nurkhalis, SE.,S.HI.,M.Si, Kepala KUA Kecamatan se kabupaten sintang dan peserta kegiatan calon pengantin.

Dalam sambutannya, Kasi Bimas Islam H. Anang Nurkhalis, S.E, S.HI., M.Si juga menyampaikan dalam kegiatan tersebut dilaksanakan dengan mematuhi protokol kesehatan seperti menyediakan tempat untuk cuci tangan, menggunakan masker dan menjaga jarak antara peserta didalam ruangan tersebut.

Anang Nurkhalis juga mengatakan bahwa jumlah peserta dibatasi, yang biasanya atau tahun tahun lalu jumlah peserta sampai 30 pasang, dan pada hari ini hanya separuhnya saja, dan yang hadir berdasarkan catatan 12 pasang catin.

Dalam kegiatan tersebut, Panitia seluruhhnya dari Seksi Bimas Islam dan Kepala KUA Kecamatan se Kabupaten Sintang. adapun Narasumber dari Kepala Bidang URAIS Kanwil Kemenag Prov. Kalbar.

“Kegiatan kali ini membahas mengenai masalah persiapan pernikahan, peserta sudah terdaftar di simkah, dan sudah terdata tanggal pernikahan, jadi peserta catin ini yang sudah terdata di aplikasi SIMKAH dan sudah ada tanggal pernikahannya ya, dan ada juga pemateri dari pak Nijo, S.Ag yaitu Kepala KUA Kec. Sintang yang  sudah di BIMTEK, kemudian dari Dinas Kesehatan yang sangat respon dengan kegiatan ini, memberikan materi masalah kesehatan reproduksi, besok tanggal 26 agustus 2020 Kakanwil Kemenag Prov. Kalbar Drs. H, Ridwansyah, M.Si akan memberikan materi Mempersiapkan Generasi Yang Tangguh dan Pelaksanaan dua hari selasa dan rabu selama delapan jam pelajaran” Tutupnya.

Sementara itu dalam sambutannya KABID URAIS Kanwil Kemenag Prov. Kalbar H. Eksan, S.Ag.,M.Si dalam sambutannya mengawali dengan mengucapkan salam kepada peserta yang hadir, karena salam itu do’a.

“Doa senjatanya orang yang beriman, didalam salam itu ada tiga kekuatan, selamat, rahmat dan keberkahan” ucapnya. Kabid Urais juga mengatakan bahwa kedatangannya ke Sintang bersama rombongan, diantaranya bersama Kasi Kemasjidan Kanwil Kemenag Provinsi Kalbar Jemaat, M.Si. dalam sambutannya tersebut, Kabid Urais juga menceritakan bahwa sintang ini tidak asing lagi baginya, sejak tahun 1997 sudah di sintang, sebelum pembukaan kegiatan tersebut seperti biasanya Kabid Urais berpantun : Paling enak si ikan patin, bila dimakan dikelam permai, sungguh enak jadi pengantin, kalau hidup rukun dan damai.

Kemudian H. Ekhsan juga menyampaikan pengarahan diantaranya membahas mengenai bahwa seorang suami adalah komandonya seorang istri, kemudian membahas pengertian dari Sakinah, Mawaddah dan Wa Rahmah. Arti Sakinah adalah Merasa Tentram, Arti Mawaddah adalah Merasa Kasih, Arti Wa Rahmah adalah Merasa Sayang, Tidak lupa H. Ekhsan juga mengingatkan bahwa dimasa covid 19 new normal kita tetap menjaga dan mematuhi protokol kesehatan seperti memakai masker cuci tangan jaga jarak dan pemeriksaan kesehatan, tutupnya.