Kamis (12/11/2020) FKUB bersama Kementerian Agama dan Pemerintah Daerah Kabupaten Kubu Raya menggagas dan membentuk desa sadar kerukunan. Desa Sungai Raya di Kecamatan Sungai Raya Kabupaten Kubu Raya, dipilih oleh Kementerian Agama Provinsi Kalimantan Barat melalui SK Nomor 831 Tahun 2020 tersebut sebagai desa percontohan kerukunan yang telah diluncurkan dengan melibatkan berbagai unsur masyarakat.

Launching Desa Sadar Kerukunan tersebut dilaksanakan pada hari kamis tanggal 12 November 2020, dan mengambil tempat di Aula Kantor Desa Sungai Raya. Pada acara tersebut hadir Bupati Kabupaten Kubu Raya H. Muda Mahendrawan, Ka.Kanwil Kementerian Agama Prov.Kalbar H. Ridwansyah, Kepala Kantor Kemenag Kab.Kubu Raya H. Nahruji seluruh pejabat eselon 3 Kanwil Kementerian Agama se-Provinsi Kalimantan Barat, serta juga hadir Ketua FKPT Prov. Kalbar, dan FKUB Kab.Kubu Raya bersama tokoh agama dan masyarakat.

Dalam sambutannya, Bupati Kubu Raya H. Muda Mahendrawan mengatakan bahwa Kerukunan yang ada di Kab.Kubu Raya merupakan perwujudan dari para orang-orang tua yang telah mempraktekkan kerukunan, sehingga secara turun temurun masyarakat di Kab.Kubu Raya telah sadar arti dan perwujudan kerukunan. senada dengan hal tersebut, Ka.Kanwil Kemenag Prov. Kalbar H. Ridwansyah, beliau berpesan agar Kerukunan yang sudah tercipta dicipta di Kab.Kubu Raya mesti dijaga dan dirawat, karena dengan rukun kita dapat membangun bangsa dan dengan modal persatuan dan kesatuan, Insyaallah Indonesia akan mampu bangkit dari keterpurukan.

Launching Desa Sadar Kerukunan ditandai dengan penandatanganan prasasti dan pembukaan selubung plang desa Sadar Kerukunan, pada acara desa Sadar Kerukunan juga ditampilkan berbagai macam kesenian seperti tari barongsai, tari penyembrahma, tari pesona Kubu Raya, dan tari japin.