Rabu (18/11/2020) Bertempat di Masjid Hudarrahman Desa Kapur Kecamatan Sungai Raya, dilaksanakan kegiatan Pembekalan Calon Jemaah Haji Tahun Keberangkatan 2021 M / 1442 H. Pada kesempatan tersebut hadir Kepala Kantor Kementerian Agama Kab.Kubu Raya H. Nahruji, yang didampingi oleh Kasi Penyelenggara Haji & Umrah Abdul Karim, Kepala KUA Kec. Sungai Raya Bachtiar, serta Tim Kesehatan Haji Indonesia (TKHI). 

Pada kesempatan tersebut Kepala Kantor Kementerian Agama Kab.Kubu Raya H. Nahruji menyampaikan kepada para Calon Jemaah Haji (CJH) bahwa Kementerian Agama telah menyiapkan 3 (tiga) opsi yang diantaranya : 1. jika pandemi Covid-19 sudah berakhir, kondisi sudah kembali normal. Kuota haji juga kembali normal. Dalam kondisi itu, jamaah yang batal berhaji pada tahun ini akan diberangkatkan pada 2021. Dalam skema tersebut, jamaah yang awalnya dijadwalkan berangkat tahun 2021 akan mundur ke tahun berikutnya, 2. yakni jika wabah Covid-19 belum sepenuhnya hilang dan menyebabkan pembatasan atau pengurangan kuota. Jika diasumsikan berkurang 50 persen dari kuota saat ini, tentu akan ada jamaah yang mundur lagi keberangkatannya. Ini juga akan berakibat pada daftar tunggu yang semakin panjang, 3. jika wabah Covid-19 masih tinggi dan belum dapat tertangani.

Dalam kondisi seperti itu, ada kemungkinan terjadi lagi pembatalan pemberangkatan jamaah haji. Skema ini masih akan terus dimatangkan sesuai dengan perkembangan penanganan Covid-19 di Indonesia, Arab Saudi, dan dunia. Untuk itu beliau berpesan kepada para CJH Kab.Kubu Raya untuk berdoa agar wabah covid-19 ini segera hilang, dan pelaksanaan ibadah haji dapat kembali terlaksana seperti tahun-tahun sebelumnya.