Sabtu (14/11/2020) Maulid Nabi Muhammad SAW yang jatuh pada 12 Rabiul Awal penanggalan Hijriah diperingati oleh mayoritas penduduk muslim di dunia, termasuk Indonesia. Meski saat zaman kenabian hari Maulid belum dilakukan, di masa sekarang peringatan ini menjadi perayaan besar yang diselenggarakan oleh banyak umat di seluruh dunia. Peringatan tersebut bagi umat muslim adalah penghormatan dan pengingatan kebesaran dan keteladanan Nabi Muhammad dengan berbagai bentuk kegiatan budaya, ritual dan keagaamaan.

Pun begitu halnya seperti yang dilaksanakan oleh pengurus pondok pesantren Darul Qur'an Wad Dakwah Sungai Raya Dalam, yang menyelenggarakan Maulid Akbar Nabi Muhammad Saw, pada acara tersebut hadir Kepala Kantor Kementerian Agama Kab. Kubu Raya H. Nahruji yang didampingi oleh Kepala KUA Kec. Terentang Dussalam dan Penghulu Fungsional KUA Kec. Sui. Raya M. Ichsanuddin, pada kesempatan tersebut beliau menyampaikan pesan bahwa "jadikan momentum peringatan Maulid Nabi Muhammad Saw  menjadi penyemangat untuk menyatukan semangat dan gairah keislaman, mengingat akhir-akhir ini umat Islam mudah di adu domba dengan informasi hoax sehingga akhirnya sesama umat Islam menjadi terbelah, dan untuk jadikan momentum maulid ini untuk kembali bersatu dalam bingkai ukhuwah Islamiyah".

Kegiatan maulid akbar tersebut dihadiri ratusan santri dan masyarakat dan dimulai setelah ba'da sholat Isya, serta menerapkan protokol kesehatan seperti memakai masker dan menjaga jarak, serta tersedia tempat/fasilitas untuk cuci tangan, dan jamaah yang hadir juga diperiksa terlebih dahulu suhu tubuhnya menggunakan thermo gun.