Dalam Amanat apel pagi Selasa (14/02), Kepala Kemenag Sanggau Drs. M Taufik menyatakan bahwa Pegawai itu merupakan pelayan masyarakat. Sebagai pelayan masyarakat, pegawai perlu membekali dirinya dengan sikap (Attitude), ilmu (knowledge) dan visi .

Hal ini berbeda dengan masa sebelumnya. Paradigma lama beranggapan bahwa pegawai adalah wakil raja. Sebagai wakil raja justru kemudian pegawai minta dilayani. Ini yang harus diubah baik mindset ataupun sikap. Bagi M Taufik ada beberapa perbedaan antara raja dengan pelayan, raja itu mendongak, pelayan itu menunduk. Raja itu tinggi hati, sedangkan pelayan itu melayani.

Selanjutnya M Taufik menegaskan bahwa dengan perubahan paradigma ini pegawai juga harus dibekali dengan kompetensi. Selain secara sikap harus ramah,melayani dan 3 S (Senyum, Sapa, Salam), pegawai juga harus paham IT, cepat dan tangkas dalam bekerja, cepat tanggap terhadap masalah dan cepat tuntas dalam menyelesaikan masalah. (Fathur-Sanggau)