Kemenag@Kalbar. Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Kalimantan Barat Drs. H. Ridwansyah, M.Si memberikan apresiasi kepada para dokter dan para relawan yang telah bekerjasama dengan Baznas Provinsi Kalimantan Barat yang telah berinisiatif membangun layanan Rumah Sehat bagi masyarakat.

Ungkapan tersebut disampaikan oleh Ridwansyah saat melakukan kunjungan dan pengawasan layanan Posko Rumah Sehat yang diselenggarakan di Halaman Masjid Al-Falah Sungai Jawi Pontianak.

 “Ini adalah bagian dari edukasi kepada masyarakat dalam rangka membatasi, mengurangi penyebaran Virus Covid-19 di Kalimantan Barat” jelas Ridwansyah.

Sementara itu, dr. Gustam yang bertugas mulai hari ini, Kamis (2/4/2020) menyatakan bahwa Posko Rumah Sehat ini digelar dengan tujuan memberikan edukasi terbaik kepada masyarakat dan warga sekitar akan bahayanya Covid-19, cara penularannya dan cara pencegahannya.

Saat menerima kunjungan Kakanwil beserta rombongan dr. Gustam menjelaskan tentang SOP (Standar Operasional Prosedur) pemeriksaan kesehatan pasien saat memasuki Posko Rumah Sehat tersebut.

“Ketika tamu/pasien masuk, maka akan disterilkan pakaian, badan, baju dan tasnya, dengan memasuki ruang disinfektan pada bilik atau ruang steril, kemudian pasien kita periksa kesehatannya seperti Suhu Tubuh, tekanan darah, dan wawancara singkat, tujuannya adalah membantu dan mengarahkan Pasien ketika sakit dan akan kemana...” katanya.

Gustam menambahkan biasanya tamu/pasien bertanya dengan beberapa pertanyaan tentang penyakit/virus yang saat ini mewabah. Setelah diperiksa tamu/Pasien dipersilahkan untuk membaca informasi yang berada di dinding ruangan tentang definisi, penularan Covid-19 dan pencegahannya.

Selanjutnya Gustam menuturkan sebelum pasien pulang, maka akan disuguhkan secara gratis Wedang jahe, yang diramu dengan bahan Jahe, Lemon dan Gula aren. Selain itu para tamu/pasien sebelum pulang juga diberikan cairan handsanitaizer dengan masing-masing per orang 50 cc dan selanjutnya Pasien Pulang dengan bekal-bekal yang diharapkan bermanfaat dalam kehidupan sehari hari. (Ir)