Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Kalbar Drs.H.Ridwansyah sangat mengapresiasi tata kelola pengarsipan yang dilakukan oleh tim arsiparis Kanwil Kemenag Prov Kalbar. Proses yang dilaksanakan dinilai akan mencapai target yang diharapkan yakni Desember mendatang penataan arsip telah rampung diselesaikan. Hal tersebut diungkapkan Kakanwil Senin (25/11) pagi dihadapan seluruh ASN Kanwil Kemenag Kalbar.

Kakanwil berharap Untuk kedepannya tata kelola kearsipan ini harus terus ditingkatkan. Salah satu caranya ialah menaikan seluruh berkas atau arsip yang ada diunit kerja masing-masing pada ruang arsip Kanwil Kemenag Kalbar. Namun untuk arsip yang masih aktif dan digunakan lebih baik masih ditempatkan diunit kerja masing-masing. “Dua atau tiga tahun yang belum diperiksa jangan dinaikan keatas (ruang arsip-red) dahulu. Kita sepakati saja terakhir itu tahun 2017 yang masih dalam pemeriksaan itu masih ada diunit kerja atau bidangnya masing-masing” jelasnya.

Kakanwil menambahkan hal ini akan dilakukan secara bertahap. Sebagai contoh jika masuk di tahun 2020 mendatang maka arsip tahun 2017 telah dapat diarsipkan pada ruang arsip Kanwil Kemenag Kalbar. Kakanwil tidak menginginkan semua arsip dinaikan diruang arsip yang akhirnya membuat kesulitan sendiri pada saat akan dilakukan pemerikasaan. Untuk itu teknis pengarsipan hendaknya tetap dilakukan oleh staf pada unit kerja masing-masing dalam hal menjaga dan menata kelola arsipnya. Tim arsiparis hanya menjalankan tugas pengawasan dan tidak melakukan semua pengarsipan pada semua unit kerja. (wan)