Kemenag@Kalbar. Kerukunan hidup umat beragama merupakan bagian penting dari kerukunan nasional. Jika kondisi umat beragama tidak rukun, maka kondisi kerukunan nasionalpun sulit ditegakkan. Pernyataan tersebut disampaikan Kakanwil Kemenag Kalbar Drs. H. Ridwansyah, M.Si pada kegiatan Launching Desa Sadar Kerukunan di Desa Kepaduan Kec. Teluk Batang Kabupaten Kayong Utara. Rabu, (22/7/2020).

Ridwansyah menjelaskan bahwa sebagai bagian dari pemerintah, Kementerian Agama begitu fokus dalam membangun dan menguatkan kerukunan umat beragama. Hal tersebut dapat dilihat dengan terbentuknya kepengurusan FKUB Kabupaten Kota se-Kalimantan Barat yang dilengkapi dengan Kantor Sekretariatnya.

“Berbagai program telah dibangun oleh Kemenag bersama pengurus FKUB di daerah seperti Dialog Kerukunan lintas agama dan mempelopori Desa Sadar Kerukunan, termasuklah Desa Kepaduan yang kita Launching hari ini” katanya.

Dalam menetapkan sebuah Desa Sadar Kerukunan ada tiga kriteria yang menjadi indikatornya yaitu ada 3 agama yang dianut oleh masyarakat setempat, adanya Rumah Ibadah yang berdekatan namun damai serta budaya lokal yang terbangun sejak dahulu dan mencerminkan ciri khas budaya bangsa Indonesia yang damai dan Rukun.

Ridwansyah menambahkan untuk mewujudkan negeri yang rukun dan damai tidak bisa satu komponen saja yang bekerja, namun semua pihak harus ambil bagian sesuai dengan fungsinya masing-masing sebagai satu kesatuan dalam mewujudkan cita-cita bangsa.

Melalui kesempatan tersebut Ridwansyah menyampaikan ungkapan terima kasih dan apresiasi kepada Pemerintah Daerah dan Tokoh masyarakat Kabupaten Kayong Utara yang telah menjaga dan merawat kerukunan yang telah terbagun dari dahulu hingga sekarang. Semoga seluruh desa di Kalimantan Barat ini bisa mencontoh Desa Sungai Kepaduan sebagai Desa Sadar Kerukunan.

Kegiatan tersebut dihadiri pula oleh Kabag TU Kanwil Kemenag Kalbar beserta Kakan Kemenag Kabupaten Kota se-Kalimantan Barat dan para Kasubbag Kanwil Kemenag Kalbar. Turut hadir dan meresmikan Launching Desa Kerukunan Bupati dan Wakil Bupati beserta pejabat dilingkungan Kayong Utara yang turut menyaksikan penetapan Desa Kepaduan Kec. Teluk Batang sebagai Desa Kerukunan di Kalbar. (Ir).