Kemenag@Kalbar. Pada Jum’at Pagi, (25/9/2020) Kepala Kantor wilayah Kementerian Agama Provinsi Kalimantan Barat, Drs. H. Ridwansyah, M.Si menerima secara simbolis 133.548 paket internet gratis dari perwakilan XL Axiata untuk siswa Madrasah di Kalimantan Barat.

Bantuan paket internet tersebut selanjutnya diserahkan secara simbolis oleh Kakanwil Kemenag Kalbar kepada Perwakilan Kepala Madrasah dan disaksikan secara virtual Satker di daerah, seperti Kasi Pendis dan Operator Kantor Kementerian Agama di 14 kota/kabupaten se-Kalimantan Barat.

Ridwansyah menuturkan bahwa Kartu perdana dengan paket data 30 GB ini diharapkan dapat membantu siswa madrasah dalam mengikuti Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ), sekaligus meringankan orang tua mereka akan kebutuhan biaya internet.

“Kerjasama ini merupakan bagian dari keseriusan Kementerian Agama dalam memberikan layanan pendidikan terbaik dan berkualitas kepada masyarakat Kalimantan Barat meski dalam situasi pandemi Covid-19,” katanya.

Ridwansyah juga berharap agar bantuan paket internet gratis ini dapat memberikan semangat dan memotivasi bagi siswa dan guru madrasah dalam menjalani proses pembelajaran melalui jaringan jarak jauh.

Lebih lanjut Kakanwil Kemenag Kalbar menyebutkan bahwa di Provinsi Kalimantan Barat total jumlah Madrasah sekitar 1.049, dari tingkat RA, MI, MTs, dan Aliyah, baik negeri dan swasta. Sedangkan untuk jumlah siswa, total ada sekitar 133.548 orang.  "Sebagian besar sekolah madrasah berada di area pinggiran kota dan pedesaan, di mana banyak di antara keluarga siswa memang membutuhkan dukungan untuk mampu menyediakan kuota data untuk PJJ," imbuhnya.   

Sementara itu, perwakilan XL Axiata Paket menyatakan khusus yang disalurkan XL Axiata ini terdiri dari 15 GB data untuk Kuota Conference dan 15 GB lainnya untuk Kuota Edukasi yang berlaku selama 2 bulan.

“Kuota Conference bisa dipergunakan untuk mengakses aplikasi-aplikasi yang biasa dipergunakan para guru saat mengirimkan bahan pelajaran dan tugas, Demikian juga saat siswa mengirimkan tugas yang yang diberikan. Aplikasi-aplikasi tersebut seperti Microsoft Teams, Zoom, Google Meet, Google Hangout, serta Google Classroom” ucapnya. (Ir)