Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Sekadau H.Tengku Indra Kusuma, S.Pd.I, M.SI mengikuti Rapat Pimpinan, Kamis (16/9/2021). Berlangsung di Aula II Kanwil Kemenag Kalbar rapat dipimpin langsung oleh Ka.Kanwil Kemenag Kalbar Drs.H.Syahrul Yadi, M.SI didampingi Kepala Bidang Penais Zawa, Kaharudin, S.Ag sebagai moderator.

Rapim membahas evaluasi pelaksanaan program dan kegiatan tahun anggaran pelaksanaan program kerja tahun 2021. Turut hadir Kepala Kantor Kemenag Kabupaten/Kota seKalbar, Kepala Bidang, Pembimas, Kasubbag di lingkungan Kanwil Kemenag Kalbar. Rapat dilaksanakan dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan sebagai upaya pencegahan penyebaran Covid-19.

Kepala Kemenag Sekadau H.Tengku Indra usai mengikuti rapim menuturkan bahwa rapat kerja (Raker) adalah program kerja tahunan sebagai bentuk penguatan program terutama bagaimana menjadikan program tersebut menjadi sebuah pelayanan yang bisa benar-benar dirasakan masyarakat.

Mengenai program kerja, ujarnya, sejauh ini Kemenag Sekadau terus melanjutkan program-program yang telah yang telah dijalankan seperti program penguatan pendidikan madrasah, peningkatan kualitas layanan KUA dan program pendidikan pondok pesantren dan kualitas pelayanan Haji. "Kita ingin membangun program pelayanan yang bersifat sinergis,” tandasnya.

Dengan bantuan teknologi informasi, segala proses yang menggunakan sistem komputerisasi dapat dilakukan diberbagai tempat berbeda, sehingga dapat lebih efektif dan efesien. H.Tengku Indra menambahkan pemanfaatan IT dalam pelayanan pelaporan sertikasi guru Kemenag Sekadau telah membuat sebuah aplikasi berbasis website, Inovasi merupakan setiap ide atau pun gagasan baru yang belum pernah ada sebelumnya. 

Secara umum, tujuan inovasi di berbagai bidang adalah untuk meningkatkan kualitas dan juga nilai sesuatu hal yang sudah ada, baik itu produk atau layanan. Sistem Aplikasi Pelaporan Administrasi (SAPA) Sertfikiasi Guru merupakan suatu upaya motivasi untuk senantiasa mewujudkan pelayanan terhadap guru sertifikasi. "Aplikasi SAPA dibangun menggunakan data berbasis web Aplikasi yang terintegrasi pada Website kemenag Sekadau,"ujarnya.

Selanjutnya H. Tengku Indra menjelaskan tentang kebersamaan dan komunikasi yang baik dengan pemerintah daerah. Mengenai pembelajaran tatap muka, guru maupun siswa di lingkungan Kemenag Sekadau sudah divaksin. Bahkan Bupati Sekadau meninjau langsung pelaksanaan vaksin di madrasah beberapa waktu yang lalu. Jika seluruh guru sudah divaksin, maka pembelajaran tatap muka boleh dilaksanakan  asal ada persetujuan dari orang tua murid dan dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan yang ketat. 

Berikutnya mengenai berbagai macam aliran kepercayaan, hingga saat ini di Kabupaten Sekadau belum terdapat aliran kepercayaan yang menyimpang, masyarakat di Kabupaten Sekadau hidup berdampingan dan rukun antar umat beragama. (Andre)