Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kayong Utara, diwakili oleh Kepala Sub Bagian Tata Usaha H. Kuwatno, S.pd.I menghadiri Rapat Koordinasi Daftar Pemilih Bekelanjutan Tahun 2021 di Aula KPU Kabupaten Kayong Utara pada Kamis (30/9/2021). Menurut H. Kuwatno bahwa Kantor Kemenag merupakan mitra dari KPU untuk melakukan sinkronisasi data.

Menurut Komisioner KPU Kayong Utara Effian Noer, selama pemutakhiran DPB, setiap bulan KPU KKU selalu berkoordinasi dengan Dukcapil, Dinas-dinas terkait, mantan badan ad hock PPK dan PPS, bahkan ke Partai Politik pun selalu berkoordinasi, minimal di Whatsapp grup dengan parpol tentang masukan-masukan sebelum pelaksanaan rekap dan Rakor.

“Sampai saat hubungan kami dengan Dukcapil sangat baik, setiap akhir bulan kami memperivikasi bersama data pemilih, hasilnya kami mendapatkan pemilih pemula yang rekam dan cetak KTP, Pemilih meninggal dunia, pindah masuk dan pindah keluar KKU, pindah dalam wilayah KKU bakan penduduk yang merubah status kependudukannya sebagai perbaikan elemen data di KPU KKU”, ucap Effian.

Dia juga menjelaskan, selama pemutakhiran DPB KPU KKU tetap berkoordinasi kepada dinas/kantor/badan terkait, Parpol, mantan PPK dan PPS juga rutin, kami selalu menerima laporan penduduk meninggal dunia baik dari Parpol, bahkan dengan 20 orang penyuluh agama di Kemenag pun  yang ditugaskan di desa-desa di KKU kami bekerjasama, untuk mendapatkan data penduduk yang meninggal dunia di wilaya kerjanya. (kpukku).