Singkawang. Keberadaan Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kota Singkawang sangat membantu tugas pemerintah dalam mewujudkan kehidupan masyarakat yang serasi, seimbang dan selaras serta menjaga kekompakan dalam menjaga Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). 

Demikian ujar Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Singkawang, H. Mhd. Natsir, M.Ag ketika melakukan peninjauan dan monitoring bantuan operasional Sekretariat Bersama FKUB Kota Singkawang yang didampingi Kasubbag TU, H. Azhari, S.Ag, M.Si, Selasa (28/7).

Mhd. Natsir mengatakan selain mewujudkan kehidupan masyarakat yang serasi dan seimbang, FKUB juga memiliki peran dan tugas yang penting dan strategis dalam pembinaan kerukunan hidup antar etnis dan antar umat beragama di Kota Singkawang. “Pemerintah sangat terbantu dengan keberadaan FKUB terutama dalam menyerap dan menyalurkan aspirasi keagamaan. Secara kualitatif kerukunan hidup umat beragama sangat baik dan kehidupan antar umat beragama cukup harmonis. Tidak ada masalah yang meresahkan para pemeluk agama dalam menjalankan ibadah sesuai keyakinan masing-masing.” katanya.

Mhd. Natsir berharap dengan adanya Sekretariat Bersama ini bisa memaksimalkan tugas dan fungsi FKUB Kota Singkawang dalam membina kerukunan hidup umat beragama di Kota Singkawang serta mempertahankan predikat Kota Tertoleransi se-Indonesia.(DH/skw)