Ngabang ( Selasa, 22 Oktober 2020 ) Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Landak beserta Kasubag Tata Usaha, para Kasi dan para Kyai pimpinan Pondok Pesantren, perwakilan santri sekecamatan Ngabang menyelenggarakan apel dalam rangka memperingati Hari Santri Nasional tahun 2020 di Aula Kantor Kementerian Agama Kabupaten Landak.

Setelah pembukaan, Pembacaan Ayat suci Al Qur'an, oleh M. Avana Al Qosimi. Dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya, Syubbanul Wathan, Mars Hari Santri Nasional oleh paduan suara santri Nurul Islam Ngabang.

Berikutnya, pembacaan Resolusi Jihad oleh Isroruddin dan Ikrar Santri oleh Seni Magdalena.

Dalam sambutannya, Drs. H. Muhlis, M.Pd. menyampaikan rasa harunya saat Lagu Syubbanul Wathan dan Hari Santri Nasional dilantunkan. Beliau juga mengungkapkan rasa terima kasih kepada Presiden Joko Widodo yang telah menetapkan tanggal 22 Oktober sebagai Hari Santri Nasional.  "Mari kita teladani para Ulama dan santri yang telah berjuang merebut, mempertahankan, mengisi kemerdekaan RI ini, mempertahankan ideologi Pancasila, Bhinneka Tunggal Ika, NKRI dan UUD 1945," ajaknya kepada seluruh peserta apel.

Lebih lanjut muhlis mengatakan pelaksanaan acara ini diadakan secara sederhana dan di tengah Pandemi Covid-19, dan tentunya protokol kesehatan  tetap diutamakan, selain itu juga para peserta diharapkan saling menjaga jarak dan memakai masker.

"Kami mengucapkan Selamat Hari Santri Nasional, Santri Sehat, Indonesia kuat," tegas Muhlis menutup sambutannya.

Acara diakhiri dengan Doa dipimpin oleh KH Luqmanul Qosim,S.Ag. Kemudian Pemotongan tumpeng oleh Kakankemenag Landak didampingi para Kyai pimpinan Pondok Pesantren.