Singkawang. Aula Kantor Kementerian Agama Kota Singkawang menjadi riuh dengan suara tangisan, rintihan dan tawa anak-anak serta orang tua. Hal tersebut terjadi dalam kegiatan Khitanan Massal untuk anak-anak warga Kota Singkawang pada Selasa (22/12). Kegiatan yang berlangsung di Aula Kantor Kemenag Kota Singkawang ini diikuti oleh sekitar 60 orang.

Ketua Seksi Khitanan Massal HAB Kemenag Kota Singkawang, Reno Hidayat, S.Ag mengungkapkan bahwa kegiatan ini dilaksanakan selain salah satu rangkaian kegiatan untuk memeriahkan Hari Amal Bhakti (HAB) Kementerian Agama Republik Indonesia yang ke-75 juga dalam rangka berbagi dan bentuk pengabdian pada masyarakat.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Singkawang, H. Mhd. Natsir, M.Ag menuturkan dalam sambutannya bahwa Khitanan Massal ini merupakan bagian dari pelayanan Kemenag Kota Singkawang kepada masyarakat. Kita ingin memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat. Apalagi khitan adalah bagian dari ajaran agama Islam. Sehingga meski di masa Pandemi ini, kita ingin membantu masyarakat untuk menjalankan ajaran agama. Inilah salah satu bentuk pelayanan Kankemenag Kota Singkawang untuk berpartisipasi pada masyarakat di masa Pandemi.” jelasnya. “Patuh dan taat pada protokol kesehatan Covid-19, adalah bagian dari jihad di jalan Allah. Karena kita menyelamatkan jiwa orang lain dan juga kita menyelamatkan jiwa kita sendiri.” Pungkasnya.

Selain biaya yang ditanggung alias gratis, setiap anak juga mendapatkan bingkisan dan peci/kopiah serta kain sarung dari panitia. Dengan ditangani oleh 15 orang dokter/tenaga medis, pelaksanaan Khitanan Massal dapat terlaksana dengan waktu yang tidak terlalu lama sehingga sebelum azan zuhur berkumandang kegiatan telah selesai. (DH/Skw)