Singkawang. Sebanyak 1.430 eksemplar dokumentasi nikah berupa, berupa akta nikah (model N), buku nikah atau model NA, dan daftar pemeriksaan nikah atau model NB se Kota Singkawang, Jum’at (3/7) pagi dimusnahkan secara bersama-sama di halaman Kantor Kementerian Agama Kota Singkawang.

Dari sekian jumlah dokumentasi yang dimusnahkan secara bersama, disaksikan Kepala Sub Bagian Tata Usaha Kankemenag Kota Singkawang, H. Azhari, S.Ag, M.Si dan Pelaksana Bimas Islam, Nurdiana, S.HI dimaksud, 300 eks akta nikah, 730 eks buku nikah, dan sebanyak 400 eks blanko daftar pemeriksaan nikah.

Selain Kasubbag Tata Usaha, Azhari, Kasi Bimbingan Masyarakat (Bimas) Islam, Bulyamin Hadimin, S.HI bersama staf di jajaran Kantor Kementerian Agama Kota Singkawang juga menghadiri aksi pemusnahan dokumentasi negara tersebut. Menurut Bulyamin Hadimin, aksi pemusnahan sejumlah dokumentasi negara bidang pernikahan adalah dokumen yang telah usang. Aksi ini berdasarkan Surat Tugas dari Kankemenag Kota Singkawang dan sesuai dengan surat Sekretaris Jenderal Kementerian Agama RI Nomor : 2439/SJ/B.III.3/KS.01.6/06/2020 tanggal 02 Juni 2020.

Kasi Bimas Islam Kantor Kementerian Agama Kota Singkawang, Bulyamin Hadimin mengakui setiap pengadaan buku nikah dalam pendistribusiannya ke setiap kecamatan, tentu harus mengacu pada aturan dan sistem. Jika buku nikah bersama dokumen pernikahan lain diturunkan dari pusat yang selanjutnya diteruskan pihak Kanwil Kementerian Agama Prov. Kalimantan Barat ke Kantot Kementerian Agama kabupaten/kota, seperti Kota Singkawang harus tercatat dan terdokumentasikan.(DH/skw)