Pelaksanaan Penilaian Akhir Tahun (PAT) tahun pelajaran 2019/2020 bagi siswa-siswi kelas X dan XI di MAN 1 Ketapang mendapat pantauan dari Kasi Pendidikan Madrasah Kantor Kementerian Agama Kabupaten Ketapang, Fahriyani, S. Ag. 

Dalam kunjungannya di MAN 1 Ketapang untuk memantau perkembangan pelaksanaan PAT di MAN 1 Ketapang, Pak Kasi melihat pola kerja yang dilakukan oleh panitia PAT MAN 1 Ketapang. Dalam kesempatan itu Pak Kasi sempat berbincang-bincang tentang sistem pelaksanaan PAT di MAN 1 Ketapang. 

Pelaksanaan PAT di MAN 1 Ketapang dilaksanakan dengan sistim online, yang diakses oleh siswa-siswi melalui HP Android, Komputer dan Laptop. Pelaksanaan PAT di MAN 1 Ketapang telah berlangsung beberapa hari yang dimulai pada tanggal 2 Mei 2020 sampai tanggal 11 Mei 2020. Dalam satu hari siswa-siswi harus mengerjakan dua atau tiga mata pelajaran yang telah disusun jadwal sebelumnya. 

Pada kesempatan itu, Pak Kasi yang didampingi oleh Kepala MAN 1 Ketapang berharap agar terus memantau perkembangan siswa-siswi dalam pelaksanaan PAT ini, terutama bagi siswa-siswi yang tidak dapat melaksanakan PAT secara online, beliau juga berharap agar sekolah dan panitia PAT tetap memperhatikan protokol covid, sehingga ketentuan-ketentuan protokol covid dapat dilaksanakan sebagaimana mestinya. 

Kepala MAN 1 Ketapang, juga menjelaskan bahwa ada beberapa siswa-siswi yang tidak dapat mengikuti PAT secara online, hal ini karena keterbatasan yang ada seperti tidak memiliki HP Android, Komputer atau Laptop, bahkan ada beberapa siswa-siswi yang berada diluar jangkauan sinyal. Untuk menindak lanjuti hal-hal diatas panitia PAT mengambil beberapa tindakan yang memudahkan mereka untuk melaksanakan PAT tahun ini.