Kehadiran covid-19 menimbulkan lahirnya  kebiasaan baru dalam kehidupan manusia, termasuk dalam rutinitas perkantoran. Rapat atau pertemuan apalagi seminar tidak perlu berjumpa secara factual tetapi cukup di tempat masing-masing dengan bermodalkan android kita bisa mengikuti acara tersebut dengan baik. Semuanya lebih praktis, murah meriah dan tidak perlu menghabiskan banyak waktu dan  tenaga untuk mengikuti berbagai acara tersebut. Inovasi manusia justru lahir pada situasi keterbatasannya seperti situasi covid-19 ini melahirkan kebiasaan-kebiasaan baru.

Sebelum pandemic untuk menghadiri sebuah pertemuan perlu waktu, tenaga dan uang yang cukup ke tempat pertemuan tetapi sekarang cukup bermodalkan android, maka anda dapat mengikuti pertemuan dari mana saja. Hal itu yang terjadi dengan Kementerian Agama. Covid-19 telah melahirkan rapat virtual, webinar, diklat jarak jauh dan lain-lain yang memudahkan manusia dan mengurangi resiko penularan covid-19 yang mengancam kehidupan manusia saat ini.

Kepala Sub Bagian Tata Usaha Kantor Kementerian Agama kabupaten Melawi H. Qamarul Khair, S.Ag, M.Si mengikuti Zoom Meeting yang membicarakan tentang Tugas dan Fungsi Sekretariat di Lingkungan Kanwil Kementerian Agama Provinsi Kalimantan Barat. Hadir dalam Zoom Meeting tersebut adalah Kabag TU, Kasubbag TU di Kakanwil dan Kasubbag TU Kemenag Kabupaten/Kota se-Kalbar. Melalui Whatshappnya Haji Qomarul mengatakan bahwa “rapat ini berbicara tentang banyak hal yang berkaitan dengan kesekretariatan di Lingkungan Kanwil Kemenag Kalbar. Diantaranya berbicara tentang penjadwalan perampungan Renstra tingkat Provinsi dan Kabupaten/Kota,  Pelaksanaan Zona Integritas,  Penataan BMN,  Arsip dan Perkembangan WFH di lingkungan Kemenag se-Kalbar” cerita Haji Qamarul.