Dalam pelaksanaan Bimbingan Manasik Haji Tingkat Kecamatan se-Kabupaten Kayong Utara Musim Haji 1437 H/2016 M, Ka. Subbag Tata Usaha Kantor Kementerian Agama Kab. Kayong Utara, H. Kuwatno, S. Pd, I memberikan materi Bimbingan Manasik Haji tentang "Perjalanan Haji Gelombang I dan II". Bimbingan yang berlangsung selama 8 hari diikuti oleh 53 orang Calon Jama'ah Haji Asal Kabupaten Kayong Utara yang tersebar di 6 Kecamatan yang ada di Kabupaten Kayong Utara.
Sebenarnya kegiatan ini dilaksanakan perkecamatan, akan tetapi karena jumlah masing-masing kecamatan tidak banyak mengingat kuota yang didapat untuk Kab. Kayong Utara hanya berjumlah 53 Orang, maka bimbingan manasik Haji Tingkat Kecamatan se-Kab. Kayong Utara disatukan pelaksanaannya dengan terpusat di Kecamatan Sukadana sebagai Ibukota Kabupaten, dimana Kecamatan Sukadana juga memiliki jumlah jama'ah terbanyak dan tempat pelaksanaannya pun mudah dijangkau oleh semua jama'ah, panitia dan narasumber sehingga lebih efektif dan efisien.
Ketua Panitia Bimbingan Manasik Haji Tingkat Kecamatan se-Kab. Kayong Utara Musim Haji 1437 H/2016 M, Munadi Najih, S. HI yang juga merupakan Kepala KUA Kecamatan Seponti menuturkan bahwa dari keenam Kecamatan yang ada di Kabupaten Kayong Utara, semua calon jama'ah haji asal KKU hadir datang mengikuti bimbingan Manasik Haji.

"Insya Allah Jama'ah calon haji siap berangkat ke tanah suci, dengan catatan semua calon jama'ah haji menjaga kesehatannya. Memang calon Jama'ah Haji KKU saat ini dalam kondisi baik, akan tetapi kita tidak tahu kondisi beberapa hari kedepannya, oleh karena itu Saya mengharapkan agar para calon jama'ah haji memperhatikan kesehatannya dengan cara rajin berolah raga, makan makanan yang sehat dan sering memeriksakan diri ke Puskesmas terdekat serta yang tidak kalah penting lainnya yaitu selalu berdo'a kepada Allah SWT agar tetap diberikan kesehatan lahir batin dan diizinkan pergi haji ke Baitullah", imbuhnya. (Maulina_KKU)