Kegiatan tersebut dilaksanakan pada bulan Oktober 2021 bertempat Aula SMK Muhammadiyah Sintang, kegiatan ini dihadiri oleh Kabid Urais H. Ekhsan, S.Ag., M.Si, Kasi BIMAS Islam H. Anang Nurkhalis, SE.,S.HI.,M.Si, Nasirin, S.Sos dan Penyuluh Agama Islam Kecamatan Abdul Khaliq, S.Ag dengan peserta murid SMK Muhammadiyah Sintang.

Kegiatan ini merupakan Informasi berbasis pengetahuan dan keterampilan yang menyediakan informasi mengenai pernikahan yang dapat bermanfaat untuk mempertahankan dan meningkatkan hubungan pasangan yang akan menikah serta mampu memahami konsep pernikahan dan hidup berkeluarga berdasarkan peran dan fungsinya dalam keluarga

Kehidupan berkeluarga atau menempuh kehidupan dalam perkawinan adalah harapan dan niat yang wajar dan sehat dari setiap anak muda dan remaja dalam masa pertumbuhannya. Pengalaman dalam kehidupan menunjukkan bahwa membangun keluarga itu mudah, namun memelihara dan membina keluarga hingga mencapai taraf kebahagiaan dan kesejahteraan yang selalu didambakan oleh setiap pasangan suami-istri sangatlah sulit. Nah, keluarga yang bisa mencapai kebahagiaan dan kesejahteraan inilah yang disebut dengan keluarga sakinah. Kata sakinah itu sendiri menurut bahasa berarti tenang atau tenteram.

Rumah tangga teladan Islami adalah merupakan rumah yang selalu didambakan oleh setiap pasangan suami-istri yang terdapat didalamnya ketenangan, kedamaian, kasih sayang dan dalam hadits disebut dengan Baiti jannatiy (Rumahku Syurgaku),membentuk rumah tangga yang baik dengan cara diplaning (direncanakan secara matang) untuk mencapainya, tetapi tentu saja planing tersebut tidak bisa mencapai sasaran yang tepat sebagaimana yang diharapkan.