Pontianak_Selasa (26/02/2019) Inovasi merupakan salah satu pokok element 5 budaya kerja di Kemeneterian Agama. Tidak mudah melakukan inovasi jika tidak ada keinginan dan kegigihan serta dukungan dari berbagai pihak. Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bengkayang H. Sy. Machmud, SH selalu memotivasi ASN di Kankemenag Bengkayang agar melakukan inovasi dibidang pekerjaannya mulai dari hal yang kecil.

Inovasi juga dapat meringankan pekerjaan. Sebagai contoh, salah satu inovasi di bidang teknologi di Kankemenag adalah aplikasi tata persuratan yang terintegrasi yakni SIMARI (Sistem Manajemen Arsip Digital) yang telah berjalan kurang lebih 2 tahun, dan telah berkembang menjadi SIMARI versi 2.0 dan dilaunching langsung oleh Kepala Kanwil Kemenag Prov. Kalimantan Barat Drs. H. Ridwansyah, M.Si setahun yang lalu.

Pada Rakerda Kanwil Kemenag Prov. Kalimantan Barat  yang dilaksanakan di Hotel Harris Pontianak, inovasi yang dilakukan oleh Kankemenag Bengkayang mendapat apresiasi dari Kepala Kanwil Kemenag Prov. Kalimantan Barat. Aplikasi SIMARI meraih penghargaan kategori inovasi di bidang TIK. Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bengkayang H. Sy. Machmud, SH menerima penghargaan ini bersama dengan 9 daerah Kabupaten/Kota yang juga menerima penghargaan dari Kanwil Kemenag Prov. Kalimantan Barat. (Akhzari)