Kantor Kementerian Agama Kabupaten Ketapang menginginkan adanya kerjasama dengan Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kabupaten Ketapang. Penjajakan Kerjasama dalam bentuk pemadanan Data pernikahan pada aplikasi Simkah dan Data Pendidikan yang ada pada aplikasi EMIS tersebut disampaikan oleh Safrudin, S.Pd.I, MM. yang mendapatkan tugas untuk mewakili Kepala Kantor Kemenag Ketapang dalam sesi Kegiatan Sosialisasi Pelaksanaan Kebijakan dan Penyelenggaraan Administrasi Kependudukan yang diselenggarakan oleh Dinas Dukcapil Ketapang di Hotel Nevada, Kamis (23/09).

“Data pada Kementerian Agama ada yang melalui proses pemadanan dengan data di Dinas Dukcapil. Data tersebut adalah data pendidikan madrasah yang ada pada aplikasi Verval PD dan Data pernikahan pada aplikasi Simkah” ucap Safrudin.

Data-data yang perlu dipadankan pada aplikasi milik Kemenag dan Dukcapil supaya lebih cepat tercapai maka perlu dilakukan kerjasama antara Kemenag dan Dukcapil, hal ini untuk mempercepat pelayanan kepada masyarakat di Kabuapten Ketapang.

“Data-data pendidikan dan pernikahan yang ada pada Kemenag supaya lebih cepat proses pemadanan dengan data yang ada pada Dukcapil makan perlu adanya kerjasama antara Kemenag dan Dukcapil” tambah Safrudin.

Safrudin mengharapkan agar terjalin kerjasama atau MOU antar Kantor Kemenag Ketapang dan Kantor Dinas Dukcapil supaya pelayanan kepada masyarakat semakin baik, cepat, efektif dan efisien.

Pihak Dinas Ducapil menanggapi positif keinginan tersebut supaya terjalin kerjasama antara Kemenag dan Dinas Dukcapil selama bertujuan untuk memperlancar pelayanan kepada masyarakat Kabupaten Ketapang sesuai visi dan misi Kabupaten Ketapang yaitu melanjutkan Ketapang maju menuju masyarakat sejahtera.