Singkawang (9/11/2014), Untuk kali pertamanya, Tim Futsal Kemenag Kota Singkawang menjuarai sebuah turnamen futsal di Kota Singkawang. Turnamen yang diselenggarakan dalam rangka menyambut HUT PGRI ke-69. Di partai puncak turnamen tersebut, Tim Futsal Kemenag Kota Singkawang berhadapan dengan Tim Futsal Kecamatan Singkawang Selatan. Kemenangan ini diperoleh melalui drama adu penalti dengan skor 4-3. Partai puncak Turnamen Futsal HUT PGRI ke-69 ini berlangsung pada hari Minggu (9/10) pukul 10.00 WIB.

Kedua tim bermain agresif sejak menit pertama, dengan Tim Futsal Kemenag Kota Singkawang menekan dengan serangan yang dimotori di sektor kiri, sementara Tim Futsal Kecamatan Singkawang Selatan tajam di serangan balik. Jual beli serangan terjadi di sepanjang pertandingan. Setidaknya Tim Futsal Kemenag Kota Singkawang memiliki enam peluang emas, melalui sebuah tendangan kilat M. Prabowo yang berhasil ditepis oleh kiper lawan, tiga tendangan keras Jaka ke arah gawang lawan di babak pertama dan kedua, namun hanya membentur sisi kanan gawang lawan dan sepakan Maman ke arah gawang lawan di babak kedua yang berhasil diselamatkan dengan baik oleh kiper lawan.

Sementara Tim Futsal Kecamatan Singkawang Selatan bukannya tanpa peluang. Mereka berkali-kali melakukan serangan balik ke area pertahanan Tim Futsal Kemenag Kota Singkawang. Namun berbagai serangan tersebut tak mampu menembus rapatnya barisan pertahanan yang dikomandoi Irwandi dan penampilan gemilang Mustiklal, penjaga gawang Tim Futsal Kemenag Kota Singkawang. Untuk menambah daya gedor Tim Futsal Kemenag Kota Singkawang beberapa kali melakukan pergantian pemain, namun belum juga menunjukkan hasil. Hingga peluit panjang penutup babak ke-2 ditiup wasit, tak satupun gol yang tercipta. Situasi ini memaksa pertandingan harus diakhiri dengan adu penalti.

Drama adu penalti ini cukup menegangkan terutama bagi Tim Futsal Kemenag Kota Singkawang mengingat kiper lawan adalah seorang pelatih kiper. Namun, pada drama adu penalti tersebut, kiper Tim Futsal Kemenag Kota Singkawang berhasil menggagalkan dua penendang tim lawan sedangkan hanya Jumadi, penendang dari Tim Futsal Kemenag Kota Singkawang yang gagal melaksanakan tugasnya karena tendangannya tepat mengarah ke penjaga gawang lawan. Tepisan Mustiklal terhadap tendangan penalti kelima pemain lawan memastikan gelar juara 1 diraih oleh Tim Futsal Kemenag Kota Singkawang. Para pemain tim lawan tidak bisa menyembunyikan kekecewaan setelah kalah di final.

Bagi Tim Futsal Kemenag Kota Singkawang ini adalah gelar juara yang pertama kalinya. Gelar ini seolah menjadi penghibur karena sebelumnya pada Turnamen Futsal HUT Pemkot Singkawang ke-13 tahun 2014, tim ini kandas di babak perempat final setelah digilas Tim Futsal RSUD Abdul Aziz dengan skor telak 1-6.

Dalam Turnamen Futsal HUT PGRI ke-69 Kota Singkawang ini diikuti oleh 10 tim. Turnamen ini berlangsung dengan sistem gugur. Hasil cabut undi Tim Futsal Kemenag Kota Singkawang memperoleh bye. Dalam perjalanan menuju juara, Tim Futsal Kemenag Kota Singkawang mesti berjuang keras menghadapi Tim Futsal Kecamatan Singkawang Barat di mana dalam pertandingan tersebut harus diakhiri dengan adu penalti karena hingga akhir pertandingan skor sama kuat 2-2.

Dalam babak tos-tosan tersebut tiga penendang Tim Futsal Kemenag Kota Singkawang berhasil menjalankan tugasnya dengan baik, sedangkan tiga penendang lawan berturut-turut gagal menjalankan tugasnya, satu tendangan melayang ke atas gawang sedangkan dua penendang lainnya berhasil ditepis oleh Mustiklal, penjaga gawang Tim Futsal Kemenag Kota Singkawang. Drama adu penalti tersebut berakhir dengan skor 3-0 untuk kemenangan Tim Futsal Kemenag Kota Singkawang. Di semifinal, Tim Futsal Kemenag Kota Singkawang membantai Tim Futsal Kecamatan Singkawang Timur dengan skor telak 6-3 dan di final mengalahkan Tim Futsal Kecamatan Singkawang Selatan, salah satu tim terbaik dari di Kota Singkawang di mana sebagian besar pemainnya adalah para pemain Tim Futsal Dinas Pendidikan Kota Singkawang yang sudah dua kali berturut-turut menjuarai Turnamen Futsal HUT Pemkot Singkawang. (Azis/Hum)