Kantor Kementerian Agama Kabupaten Melawi menyelenggarakan kegiatan Asesmen bagi tenaga pendidik yang terdiri dari Asesmen Kompetensi Guru (AKG), Asesmen Kompetensi Kepala Madrasah (AKK) dan Asesmen Kompetensi Pengawas Madrasah (AKP) yang dipusatkan di Madrasal Aliyah Swasta Baitul Mal Pancasila Nanga Pinoh. Kegiatan tersebut didasarkan pada Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Islam  Nomor 4446 Tahun 2020   Tentang   Petunjuk Teknis  Asesmen Kompetensi Guru, Kepala, Dan Pengawas Madrasah. Kegiatan AKG/AKK/AKP ini dilaksanakan secara serentak dari tanggal 19-23 November 2020, sementara kegiatan AKG/AKK/AKP dilingkungan Kemenag Melawi diselenggaran selama dua hari yakni hari Kamis dan Jum'at 19-20 November 2020 yang dikuti diikuti oleh 105 peserta. 

Dalam acara pembuka di hari pertama Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Melawi H. Abdulbar, S.Ag, M.Pd menjelaskan bahwa asesmen bagi tenaga pendidik, berdasarkan juknis dan surat edaran mempunyai tiga tujuan yaitu; pertama, memperoleh informasi tentang gambaran umum kompetensi guru, kepala   dan pengawas Madrasah sesuai dengan standar yang telah ditetapkan; kedua, mendapatkan peta sebaran dan kompetensi guru, kepala dan pengawas   Madrasah  sebagai  bahan  pertimbangan  dalam  menentukan  jenis pembinaan  profesional  guru,  kepala  dan  pengawas  Madrasah  dalam Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) dan ketiga, tersusunnya instrumen asesmen kompetensi guru, kepala dan pengawas Madrasah yang akan dijadikan rapor kompetensi sebagai  acuan kepada semua  pihak  terkait  dalam  menyusun  kebijakan  pengembangan keprofesionalan guru, kepala dan pengawas madrasah,”jelas Pak Kepala.

Sementara Kasi Pendis H. Subakir, S.Ag, M.Si yang ikut memonitor kegiatan tersebut mengatakan, “saya mengucapkan banyak terima kasih kepada para peserta yang sangat antusias mengikuti acara ini. Hal init id terlepas dari kesiapsediaan panitia yang mempersiapkan terselenggaranya kegiatan ini. Untuk itu saya manghaturkan banyak terima kasih kepada jajaran panitia baik Kepala Madrasah MAS BMP, Admin SIMPATIKA, Help Desk Kabupaten, Proctor, Teknisi dan Pengawas Madrasah yang telah bahu membahu mensukseskan jalannya kegiatan AKG/AKK/AKP sehingga seluruh peserta dapat mengikuti kegiatan ini dan berjalan dengan baik tanpa ada kendala” ungkap Haji Subakir.