Pontianak_Inmas. Pada Rabu Pagi, rabu (27/2/2019) Gubernur Kalimatan Barat, H. Sutarmidji, M.Hum resmi menghibahkan Tanah Asrama Haji kepada Kementerian Agama (Kemenag) RI. Penyerahan Aset tersebut diterima langsung oleh Direktur Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Kemenag RI pada pembukaan Rapat Kerda Daerah Kanwil Kemenag Kalbar di Hotel Harris disaksikan secara langsung Pontianak.

Sutarmidji mengatakan area tanah asrama haji yang berada di Jalan Sutoyo Pontianak akan diserahkan kepada Kemenag untuk selanjutnya dibangun kembali asrama haji yang lebih representatif guna mendukung Asrama Haji Kalbar menjadi Asrama Haji Embarkasi penerbangan Jemaah Calon Haji Kalbar menuju Jedaah-Madinah.

"Pemerintah Daerah sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan diperbolehkan untuk memberikan hibah dan bantuan sesuai dengan ketentuan pemberian hibah dan bantuan yang terdiri atas hibah, bantuan sosial dan bantuan keuangan," ujarnya.

Ia menerangkan pemberian hibah dan bantuan dimaksud dilakukan dengan harapan dapat memberikan nilai manfaat bagi pemerintah daerah dalam mendukung terselenggaranya fungsi pemerintahan, pembangunan dan kemasyarakatan, termasuk fungsi yang dijalankan oleh Kantor Wilayah Kementerian Agama Kalbar beserta jajarannya.

"Berpedoman pada ketentuan peraturan perundang- undangan dan dalam mewujudkan salah satu misi Kementerian Agama Republik lndonesia yaitu penyelenggaraan ibadah haji dan umrah yang berkualitas dan akuntabel," ujarnya.

Adapun Aset tanah yang diserahkan oleh Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat kepada Kemenag RI seluas 23.024 m2.

Lebih lanjut dirinya mengatakan setalah penyerahan pengelolaan aset ini menjadi tanggung jawab Kemenag RI dan dalam pelaksanaan pembangunan Asrama Haji harus representatif dan kalau bisa pembangunannya setara dengan Hotel Bintang 4. (Ir-One)