SAMBAS- Islam sebagai ajaran yang syamil serta universal begitu memberikan perhatian yang serius bagi pembentukan sebuah institusi yang bernama keluarga, dari itu Islam memberikan rambu-rambu awal sebelum pembentukan sebuah keluarga. Dimulai dari proses pemilihan pasangan hidup, dalam Islam agama yang baiklah yang menjadi standar utama dalam menetapkan pilihan bukan hanya dilihat dari ketampanan atau kecantikan, kekayaan maupun status sosial.

Ibarat hendak membangun sebuah rumah, dengan pondasi yang kuat-yakni agama-sehingga dapat menahan beban diatasnya, barulah kemudian bahtera keluarga tersebut dapat berlayar mengarungi samudera kehidupan dengan selamat, bukan malah layu sebelum berkembang,demikian yang disampaikan Ketua Panitia Pemilihan Keluarga Sakinah Teladan Tingkat Kabupaten Sambas Tahun 2016 Riduan pada acara penetapan pemenang (23/2) di Aula Kantor Kementerian Agama Kab.Sambas.

Adapun Kasi Bimas Islam Drs. H. Karlan dalam sambutannya menyampaikan tentang kriteria dalam pemilihan keluarga sakinah teladan. Yang pertama adalah keharmonisan rumah tangga, dalam hal ini yang dipilih adalah usia perkawinannya yang telah mencapai 30 tahun.

Kedua, keberhasilan dalam mendidik dan membina anak-anaknya. Ketiga, dari segi ekonomi sudah mandiri. Adapun yang keempat yakni pemahaman tentang agama mestilah baik, jelasnya.

Usai Kasi Bimas Islam menyampaikan sambutannya, dilanjutkan dengan sambutan dari Kepala Kantor Kementerian Agama Kab. Sambas H.M.Asmar,S.Pd.I sekaligus membuka acara. Dalam sambutannya H.M.Asmar menyatakan kalau bukan karena rahmat dari Allah SWT, tentunya kehidupan berumah tangga itu begitu berat. Berumah tangga adalah untuk kehidupan dunia akhirat.

Rasulullah SAW bersabda,sebaik-baik laki-laki adalah yang paling baik terhadap istrinya. Rasulullah menyatakan bahwa Dia lah yang paling baik terhadap istrinya,nasehatnya.

Lebih lanjut H.M.Asmar menyampaikan agar kita selaku muslim selalu meningkatkan ketaqwaan kepada Allah SWT.

Acara ditutup dengan pembagian hadiah kepada pemenang Keluarga Sakinah Teladan Tingkat Kabupaten Sambas Tahun 2016. Untuk peringkat pertama terpilih pasangan Drs. H. Husin Djamil Dan Hj. Siti Atikah dari Kecamatan Pemangkat, sedangkan yang kedua pasangan H. Misdan Akir, S.Pd Dan Hj. Rusmani dari Kecamatan Sebawi. Adapun yang ketiga terpilih dari Kecamatan Selaku yakni pasangan H. Sofian dan Hj. Raihanah (rdn)